1.000 Atlet Manca Negara Ikut Berlaga

0
402
atlet sepeda: Ribuan atlet sepeda dari brbagai negara saat mengikuti Tour De Bintan pada 2016 lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

Tour de Bintan 2017

BINTAN – Perhelatan Tour De Bintan 2017 kali ini kian ramai diikuti atlet. Mulai dari atlet mancanegara hingga lokal akan ambil bagian. Padahal, pada 2016 lalu sempat mengalami penurunan jumlah peserta, akibat perubahan jadwal dari penyelenggara.

Event olahraga internasional yang kini semakin melambungkan nama Bintan ke kancah internasional tersebut kini sudah menjadi agenda event pesepeda dunia.

Pada perhelatan kedua pasca perubahan jadwal sejak tahun 2016 lalu, tidak menyurutkan atlet-atlet dunia untuk mengikuti event ini. Pada Januari lalu jumlah peserta sudah mencapai 900 orang dan pada Februari ini sudah ada 1.000 atlet dari 71 klub dari 40 negara.

Luki Zaiman Prawira, Kepala Dinas Pariwisata Bintan baru-baru ini menyampaikan kepesertaan atlet di Tour De Bintan sudah kembali banyak. Pada tahun 2016 tercatat hanya 800 peserta saja pasca penundaan pelaksanaan Tour De Bintan pad tahun 2015 lalu akibat kabut asap.

Ia menyebut, penurunan jumlah peserta pada tahun lalu akibat perubahan jadwal event yang biasa dilakukan pada akhir tahun atau bulan Desember, berubah menjadi awal tahun atau pada bulan Maret.

”Penurunan jumlah atlet pada tahun lalu karena adanya perubahan jadwal event, hal ini karena peserta banyak mengikuti event serupa di berbagai negara, sehingga dengan adanya perubahan tersebut banyak atlet yang tidak dapat mengikuti Tour De Bintan 2016,” sebutnya.

Kini, lanjutnya, pada perhelatan Tour De Bintan yang dilaksanakan pada 3 hingga 5 Maret mendatang diharapkan akan menjadi titik balik untuk menjadikan event tersebut kembali menjadi event yang lebih besar dan meriah lagi.

”Tour De Bintan merupakan ikon Bintan dan sudah sangat melekat dihati para pesepeda dunia. Hal ini terbukti jumlah peserta kini yang sudah mencapai 1.000 orang lebih. Kami harapkan ini dapat menjadi event kebanggaan Bintan untuk menunjang sektor pariwisata dan meningkatkan PAD Bintan,” katanya.

Sebelumnya, Bupati Bintan H Apri Sujadi mengatakan, semua rute untuk Tour de Bintan sudah disiap.

Persiapan itu dimatangkan, saat rapat koordinasi OPD di Kijang, Kamis (23/2) lalu.

”Persiapan lomba untuk Tour de Bintan sudah siap semuanya,” kata Apri Sujadi.
(aan/fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here