1.000 Santri Diwisuda

0
787
Sambut santri: Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah dan Wakil Wali Kota Syahrul saat menyambut santri yang akan mengikuti wisuda. F-istimewa/humas pemko tanjungpinang

Tahun Baru Islam 1 Muharam 1439 hijriah yang jatuh pada 20 September diperingati dengan menggelar Tabliq Akbar di Tanjungpinang. Pada saat bersamaan juga digelar wisuda 1000 orang santri dari berbagai TPA di Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Pemko Tanjungpinang juga menggelar berbagai kegiatan Islami lain yang berlangsung di Halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Tanjungpinang, Rabu (20/9).

Perayaan Tahun Baru Islam ini diawali dengan pawai dan wisuda 1000 Santri oleh para pelajar tingkat Paud, TK, SD dan SMP se-Kota Tanjungpinang. Pada Rabu malamnya, digelar Tabligh Akbar yang mendatangkan Ustaz M Subki Al-Bughury, S.Sos. I, yang kerap hadir mengisi tausiyah di TV Nasional.

Mereka melakukan pawai dengan berjalan kaki dimulai dari Pelataran Gedung Gonggong, Tepi Laut menuju panggung utama di halaman Kantor Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Tanjungpinang sebagai tempat berakhirnya pawai 1000 santri.

Para santri terlihat riang mengikuti pawai tersebut, sambil berjalan mereka yang mengenakan pakaian toga melantunkan syiar Islam. Di panggung utama sudah menanti Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan sejumlah pejabat untuk melakukan prosesi wisuda kepada 1000 santri. Sementara Wakil Walikota Syahrul, ikut bergabung berjalan bersama para santri dalam pawai tersebut.

Baca Juga :  Masih Ada Warga Parkir Kendaraan di Atas Trotoar

Walikota Lis Darmansyah, mengatakan anak adalah amanah dari Allah SWT yang menjadi tanggungjawab kita bersama untuk memberikan mereka bekal berupa pendidikan dan pengetahuan, terutama agama Islam. Pengetahuan dan nilai-nilai akhlatul karimah perlu kita tanamkan sedini mungkin kepada anak-anak kita.

”Perlu dukungan dan kerjasama dari semua pihak, khususnya orang tua, pembina, guru dan masyarakat dalam mengembangkan TPA/TPQ yang ada di kota Tanjungpinang. Kepada ananda yang baru di wisuda, bapak ucapkan selamat, semoga ini menjadi motivasi untuk meningkatkan gairah keislaman, keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ucap Lis Darmansyah.

Menurutnya, pada tahun baru Islam 1439 Hijriah ini mesti dimaknai sebagai cermin perjuangan untuk memperbaiki kehidupan. Momentum ini hendaknya dapat membuahkan perubahan dalam perilaku seorang muslim.

”Dengan diniatkan, tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya. Tahun baru Islam harus membawa makna perubahan, yakni menghijrahkan diri pribadi untuk lebih baik serta diridhoi Allah SWT,” katanya.

Baca Juga :  Hari Samudra, Lantamal IV Tabur Bunga

Lebih lanjut dikatakan Walikota, perkembangan teknologi yang cukup canggih saat ini ada keuntungan dan ada mudarat. Teknologi memberi kemudahan bagi kita, namun di satu sisi masyarakat menerima informasi tanpa filter dan ditelaah terlebih dahulu, sehingga menjadi gejolak.

Untuk itu, Walikota mengimbau, agar masyarakat senantiasa memanfaatkan kemajuan teknologi pada tujuan yang positif. ”Kepada umat muslim, para mubaligh, dan lembaga dakwah, beri perhatian terhadap upaya pembinaan umat melalui dakwah yang benar dan isi pesan beragama. Mari kita perkokoh keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT,” ajak walikota.

Ia juga berharap di tahun baru ini ada perubahan yang lebih baik dalam kehidupan. ”Kalau sama saja dengan tahun sebelumnya, maka seorang muslim itu boleh dikatakan merugi dan belum mampu memaknai datangnya tahun baru Islam. Semoga kita bisa bersama bahu-membahu membangun kota Tanjungpinang lebih baik,” tutupnya.

Wisuda 1000 santri diikuti utusan dari Kecamatan Tanjungpinang Timur sebanyak 428 Santri, Kecamatan Tanjungpinang Barat sebanyak 274 Santri, Kecamatan Bukit Bestari 221 Santri dan Kecamatan Tanjungpinang Kota sebanyak 77 santri. Kesemua peserta telah melewati proses seleksi di tingkat masing-masing Kecamatan.

Baca Juga :  Tanjungpinang Raih Penghargaan Kota Sehat

Perayaan tahun baru Islam dihadiri oleh para Asisten, Staf Ahli, unsur FKPD, jajaran OPD, Camat, Lurah, ASN dan Honorer dilingkup Pemerintah Kota Tanjungpinang.

Di tempat terpisah, Wakil wali Kota Tanjungpinang yang juga Ketua Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kota Tanjungpinang, H Syahrul mengajak umat Islam untuk introspeksi diri.  ”Masuk tahun baru Islam, kita sebagai umat Islam harus optimis dan menjadi lebih baik. Baik itu untuk mengabdikan kepada negara maupun bangsa Indonesia. Jangan lupa pengabdian kita kepada Allah,” kata Syahrul.

Ia berharap masyarakat Tanjungpinang harus optimis dan lebih baik dalam segala hal. ”Habluminannas dan habluminallah,” ucap dia.(ANDRI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here