1.086 Calon Sipir Ikut Tes Fisik

0
1576
UJIAN: Peserta test CPNS Kanwil KemenkumHAM Kepri saat mengikuti ujian tahap pertama di Hotel Comfort, belum lama ini. f-andri/tanjungpinang pos

CPNS Kanwil KemenkumHAM Kepri

TANJUNGPINANG – Dari 6.016 orang pelamar Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kanwil KemenkumHAM Kepri, hanya 4.084 orang yang lolos administrasi baik itu formasi S1 dan D3 serta SMA sederajat.

Sedangkan yang lolos test pertama ujian sistem Computer Assisted Test (CAT) baik formasi S1-D3 dan SMA sederajat adalah 1.285 orang. Formasi S1 dan D3 sebanyak 199 orang yang lolos dan formasi SMA sederajat 1.086 orang.

Adapun jumlah peserta S1 dan D3 yang ikut ujian CAT sebanyak 2.052 orang. Yang lulus hanya 199 orang dan tidak lulus 1.853 orang. Adapun peserta formasi SMA sederajat yang ikut ujian sistem CAT adalah 2.032 orang. Yang lulus 1.086 orang dan tidak lulus 946 orang.

Humas Kanwil KemenkumHAM Provinsi Kepri, Rinto Gunawan mengatakan, baik formasi S1, D3 dan SMA sederajat harus melalui tiga kali test.

”Test pertama sudah selesai. Untuk formasi S1 dan D3 masih ada test berikutnya sebelum kemudian dilakukan test wawancara. Kalau lolos test wawancara, barulah bisa dinyatakan CPNS,” ujar Rinto via ponselnya, Minggu (8/10) kemarin.

Baca Juga :  TMMD Dimulai, Buka Akses Jalan 1,19 KM

Sedangkan formasi SMA sederajat, jumlah peserta yang lolos test pertama 1.086 orang baik laki-laki maupun perempuan. Selanjutnya mereka akan mengikuti test kesamaptaan atau test fisik.

Rinto mengatakan, test kesamaptaan ini sesuai rencana akan digelar, tanggal 23-28 Oktober 2017 ini. Kanwil KemenkumHAM Kepri kerja sama dengan Korem 033 WP/Kepri untuk pelaksanaan test ini.

Rinto mengatakan, pihaknya sengaja menggandeng pihak TNI untuk melakukan test fisik ini agar lebih terbuka. Sehingga tidak ada istilah titipan.

”Kalau memang mampu, pasti lolos. Kalau fisiknya tak kuat, tak mungkin diloloskan. Meski lolos test kesamaptaan ini, masih ada test berikutnya yakni wawancara,” bebernya.

Karena itu, ia mengimbau agar peserta yang akan mengikuti test kesamaptaan nanti mempersiapkan fisik dan mental. Tentu saja, kata dia, persiapan yang baik dan matang akan mendapatkan hasil yang lebih baik.

Ditanya apa saja yang akan dilakukan saat test fisik nanti, Rinto mengatakan, secara teknis pihak Korem 033 yang lebih tahu. ”Besok (hari ini, red) rencananya sudah keluar data teknisnya,” tambahnya.

Baca Juga :  Ratusan Benda Bersejarah Dipamerkan

Jadi, apa saja yang harus diikuti peserta tergantung putusan yang dibuat Korem. ”Berapa putaran mereka lari, saya belum tahu. Besok baru keluar apa-apa saja jenis test fisiknya nanti,” katanya mengulang.

Ia menjelaskan, petugas gas di Lapas dan Rutan di Kepri cukup banyak. Karena itu, usulan yang disampaikan Menkumham diterima Menpan RB sehingga diterima CPNS yang cukup banyak se-Indonesia.

Terhitung sampai batas akhir pendaftaran tanggal 31 Agustus pukul 23.59 WIB, jumlah pelamar se-Indonesia 1.146.853 orang yang terdiri dari 1.116.138 pelamar di KemenkumHAM dan 30.715 pelamar di MA.

Adapun CPNS yang diterima yakni 19.210 orang yang terdiri dari formasi di KemenkumHAM 17.962 orang dan MA 1.684 orang.

Untuk Kepri sendiri, CPNS yang akan diterima Kanwil KemenkumHAM Kepri 362 orang untuk lulusan SMA sederajat dan 220 orang untuk lulusan S1.

Dipastikan, jumlah CPNS formasi S1 yang akan diterima Kanwil KemenkumHAM Kepri tidak sampai 220 orang tahun ini. Sebab, peserta yang lolos seleksi pertama saja hanya 199 orang.

Baca Juga :  Astaga, Kenaikan Tarif Pas SBP Tanpa Restu DPRD

Mereka ini masih harus mengikuti dua kali test lagi dan berkemungkinan akan kurang lagi. Untuk formasi SMA sederajat, masih banyak yang akan gugur di test kedua dan ketiga nanti mengingat yang dibutuhkan hanya 362 orang. Sementara yang lolos test pertama 1.086 orang.

Untuk lulusan SMA sederajat, nantinya akan ditempatkan di Rumah Tahanan (Rutan) Batam sebanyak 56 orang dan Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Batam sebanyak 73 orang.

Lapas perempuan Batam 58 orang dan Lapas khusus anak sebanyak 48 orang. Selain di Batam nantinya akan ditempatkan di Rutan Cabang Dabo Singkep, Kabupaten Lingga sebanyak 7 orang. Rutan Tanjungbalai Karimun 8 orang, Lapas Tanjungpinang 43 orang dan Rutan Tanjungpinang sebanyak 19 orang. (mas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here