1.092 Peserta SBMPTN Tahun 2018 Lolos di UMRAH

0
158
Rektor UMRAH Tanjungpinang Prof Syafsir Akhlus meninjau pelaksanaan Computer Based Test (CBT) SBMPTN di Senggarang Lab Fakultas Teknik,beberapa waktu lalu. F-istimewa/dokumen umrah

DOMPAK – Fakultas Ekonomi program studi Manajemen Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang paling diminati. Sesuai data peserta SBMPTN Tahun 2018 yang lulus di UMRAH, peminat terbanyak adalah Fakultas Ekonomi.

Koordinator Humas Panitia Lokal SBMPTN UMRAH Tanjungpinang, Budi Primulia mengatakan, adapun mahasiswa yang lulus program studi Manajemen sebanyak 248 orang. Sedangkan di bidang sains dan teknologi, prodi dengan peminat terbanyak adalah Teknik Informatika Fakultas Teknik dengan peminat sebanyak 215 orang.

Namun itu berdasarkan jumlah peminat, kuota yang diterima sesungguhnya sangat ketat sekali, seperti Teknik Informatika di bidang Saintek dengan tingkat keketatan 19,07 % karena dari 215 peminat, hanya diterima 41 orang saja. Kemudian jurusan Hubungan Internasional di bidang Soshum dengan tingkat keketatan 19,83% dimana dari 248 peminat, hanya diterima 24 orang.

”Sekitar 1.092 peserta SBMPTN Tahun 2018 lulus di UMRAH yang diumumkan serentak secara nasional sejak, Selasa (3/7) lalu,” ujar Budi, kemarin.

Ketatnya peminat dan dua prodi ini menurut Budi mungkin ada beberapa faktor. Di bidang Saintek, Teknik Informatika diminati mungkin karena sekarang era digital dan pemicu calon mahasiswa berlomba-lomba mendaftar adalah peluang kerja di sektor IT terbuka lebar di era Disruptive Inovation atau Revolusi Industri 4.0.

Sedang untuk Soshum, menurutnya adalah potensi lulusan Jurusan Hubungan Internasional yang luar biasa di rantau ini.

”Kepri berada di jalur strategis perdagangan dunia dan berbatasan laut dengan negara-negara Asean. Berdepan dengan Singapura sebagai hubungan perdagangan internasional. Peluang kerja para lulusan jelas terbuka lebar,” jelasnya.

Tahapan selanjutnya yang wajib dilalui oleh calon mahasiswa yang lulus SBMPTN adalah verifikasi berkas, uang kuliah tunggal berdasarkan data-data riil keuangan keluarga bagi calon mahasiswa.

Verifikasi ini untuk menentukan nominal jumlah UKT yang harus dibayarkan saat daftar ulang. Untuk calon mahasiswa pelamar beasiswa Bidikmisi juga dilakukan verifikasi berkas khusus untuk Bidikmisi. Selasa (10/7) lalu adalah hari terakhir pengiriman atau pengantaran berkas UKT melalui cap pos atau pengantaran langsung ke UMRAH. Untuk Calon mahasiswa yang berada di luar Tanjungpinang diberikan kemudahan menggunakan email sesuai yang diumumkan Surat Pengumuman Nomor 2500/UN53.0/AK/2018.

Adapun mahasiswa yang diterima yakni, Teknik Informatika 41 orang, Ilmu Hubungan Internasional 24 orang, Ilmu Kelautan 55 orang, Ilmu Pemerintahan 81 orang, Manajemen 91 orang, Akuntansi 85 orang, Pendidikan Bahasa Inggris 49 orang, Pendidikan Matematika 42orang, Sosiologi 66 orang. Teknologi Hasil Perikanan 44 orang, Ilmu Administrasi 100 orang, Pendidikan Bahasa Indonesia 73 orang. (abh/humas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here