1.117 Ekor Hewan Kurban

0
84
Hewan kurban sehat yang di jual para pedagang.

TANJUNGPINANG- Animo masyarakat berkurban tahun ini meningkat dibandingkan tahun lalu. Catatam Kementerian Agama Kota Tanjungpinang, hari ini, Jumat, sudah ada 1.117 ekor hewan kurban. Mulai dari sapi maupun kambing.

Tahun lalu, hewan kurban yang dipotong sejumlah 887 ekor. Bahkan, jumlahnya akan bertambah menginggat masih ada dua hari lagi, sebelum Lebaran Idul Adha.

Kepala Kementreian Agama (Kemenag) Kota Tanjungpinang, H Syamsul Tarmizi mengatakan, hingga kemarin belum ada warga Singapura dan Malaysia yang melapor ke Kemenag kalau mereka akan berkurban di Tanjungpinang.

“Belum ada saya terima kalau saudara kita dari Malaysia dan Singapura, berkurban di Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Ia berharap saat penyembelihan hewan kurban nanti, dilakukan sesuai aturan. Hewan kurban tidak boleh diperlakukan kasar. Ia juga mengimbau agar mengunakan kantong plastik yang jernih saat membungkus daging kurban.

“Kita terus berharap setiap tahun jumlah warga kita yang beragama Islam yang mampu agar terus berkurban,” ujarnya.

H Syamsul juga menginggatkan kembali kepada masyarakat beragama Islam, sebelum menunaikan ibadah Salat Idul Adha, baiknya berpuasa dulu.

Salah satu anjuran atau sunnah sebelum penunaian shalat Idul Adha adalah puasa atau tidak makan sebelumnya. Di hari tersebut, bagi kita kaum Muslimin yang mampu untuk melaksanakan kurban maka disunnahkan untuk berkurban.

Oleh karena itu, puasa sebelum shalat Idul Adha bertujuan agar kita dapat menyantap atau menikmati hasil dari qurban tersebut.

Puasa dimulai setelah Imsak atau setelah Salat Subuh dan berbuka puasa setelah Salat Idul Adha. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here