1.302 Orang Mulai Belajar Kurikulum 19

0
294
Rektor UMRAH Tanjungpinang Prof. Dr. Syafsir Akhlus diantara mahasiswanya saat membuka pelaksanaan PKKMB Tahun 2019 di Dompak. f-dede/humas umrah tanjungpinang

Mahasiswa Baru UMRAH Ikuti Pengenalan Kampus Empat Hari

Sekitar 1.302 mahasiswa baru Tahun Ajaran 2019 Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang akan belajar dengan menggunakan kurikulum 19.

DOMPAK – HAL ini disampaikan Rektor UMRAH Tanjungpinang Prof. Dr. Syafsir Akhlus, M.Sc saat membuka pelaksanaan Pengenalan Kehidupan Kampus bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Tahun 2019.

”Kurikulum 19 UMRAH tersebut sudah dimasukkan unsur-unsur perkembangan terkini khususnya di bidang teknologi informasi dan komunikasi sebagaimana tuntutan kebutuhan revolusi industri 4.0 saat ini,” jelasnya.

Kegiatan berlangsung selama empat hari, dimulai pada tanggal Selasa 20 Agustus hingga Jumat Kamis 23 Agustus 2019. Kegiatan itu resmi dibuka Syafsir Akhlus, M.Sc, Rabu (20/8).

Usai membuka acara secara resmi, Rektor UMRAH langsung melanjutkan kuliah umumnya di hadapan para mahasiswa baru angkatan 2019 tersebut.

Dalam sambutan serta kuliah umumnya Rektor UMRAH mengatakan rasa yakinnya terhadap mahasiswa baru tersebut.

”Saya merasa yakin kepada saudara-saudara semua mahasiswa baru angkatan 2019 UMRAH. Pertama saudara memiliki kualitas yang semakin lebih baik dari sebelumnya karena saya lihat ada peningkatan dari sisi ilmu pengetahuan dan teknologinya,” ungkapnya.

”Kedua, kalian adalah mahasiswa yang akan segera kuliah dengan menggunakan kurikulum 19 UMRAH,” tambahnya.

Jadi, mahasiswa baru angkatan 2019 ini ini sudah mulai masuk dalam sistem pendidikan yang disiapkan untuk menjadi orang-orang yang akan mengisi masa depan.

”Ketiga, saudara-saudara dituntut untuk menjadi manusia yang mandiri dan memiliki literasi data dan teknologi informasi untuk menghadapi era ke depan. Nantinya juga saudara akan memulai sistem perkuliahan campuran baik itu konvensial maupun sistem yang mengadopsi sistem teknologi dan informasi yang telah kami siapkan yakni menggunakan sistem perkuliahan yang dikenal dengan ‘Syarah UMRAH’ dan saudaralah generasi pertamanya,” katanya lebih lanjut kepada mahasiswa.

Kepada para mahasiswa baru, ia meminta harus tetap optimis. Karena mereka adalah orang-orang yang akan mengisi masa depan.

Dimana di masa depan itu tidak lagi ditandai dengan adanya orang-orang yang mencari pekerjaan, tetap orang-orang yang menyediakan jasa atau lapangan pekerjaan.

”Sehingga saudara lulus nanti, benar-benar siap memasuki Masyarakat 5.0 atau biasa dikenal Society 5.0. Inilah yang akan kami bekali kepada sudara-saudara sekalian selama kuliah di UMRAH,” tutup Rektor UMRAH di akhir kuliah umumnya.

Hadir pada PKKMB UMRAH Tahun 2019, Walikota Batam H. Muhammad Rudi, SE, MM yang juga mengisi kuliah umum.

Tidak sampai disitu, pada kesempatan tersebut Rektor UMRAH dan Walikota Batam juga menandatangani naskah Perjanjian Kerja Bersama di hadapan para mahasiswa baru angkatan 2019.

Hadir juga sebagai narasumber pada rangkaian acara PKKMB UMRAH 2019 tersebut, Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Kepri Ir. Lamidi, MM., Kapolres Tanjungpinang yang diwakili oleh AKP. Tasriadi, Wakil Rektor I Prof. Dr. rer nat. H. Rayandra Asyhar, M.Si., Wakil Rektor II UMRAH Assoc. Prof. Agus Sutikno, SP, M.Si., Kepala Perwakilan Kementerian Pertahanan RI Prov. Kepri, serta para dekan dan wakil-wakil dekan di lingkungan UMRAH.

Sebagai informasi bahwa dari 1.302 mahasiswa baru UMRAH tersebut terbagi untuk 5 fakultas dengan 19 program studi yang ada di UMRAH.

Sebanyak 178 orang atau 13,7% berasal dari luar Provinsi Kepri antara lain dari Provinsi Aceh 1 orang, Sumatera Utara 72 orang, Sumatera Barat 30 orang, Riau 46 orang, Jambi 5 orang, Bangka Belitung 1 orang, Sumatera Selatan 4 orang, Banten 1 orang, DKI Jakarta 3 orang, Jawa Barat 9 orang, Jawa Tengah 1 orang, Jawa Timur 2 orang dan Provinsi Kalimantan Barat sebanyak 3 orang.

Tampak para mahasiswa memadati Gedung Auditorium Kampus UMRAH Dompak. Mereka penuh semangat mengikuti kegiatan itu.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here