1.448 Hektare Lahan Bintan Dihijaukan

0
533
KEPALA BLH Pemprov Kepri Yeri Suparna menanam pohon di hutan lindung Sei Jago di Kabupaten Bintan, Rabu (6/6) petang. f-istimewa/humas pemprov kepri

BINTAN – PT Karimun Granit siap melakukan rehabilitasi hutan lindung Sei Jago, Bintan. Direncanakan lahan seluas 5.000 hektare akan dihijaukan kembali oleh perusahaan yang beroperasi di Pasir Panjang, Karimun ini.

”Ini bentuk kepedulian kita kepada lingkungan. Lingkungan yang kembali hijau akan memberi banyak manfaat untuk alam sekitar,” kata Raja Sapta Ervian, Direktur PT Karimun Granit saat melakukan penanaman perdana rehabilitasi hutan lindung Sei Jago di Kabupaten Bintan, Rabu (6/6) petang.

Penanaman perdana ini juga dihadiri Kepala Badan Lingkungan Hidup Yeri Suparna, Karo Humas Protokol dan Penghubung Pemprov Kepri Nilwan, dan Lurah Sei Jago Bintan.

Baca Juga :  Perpani akan Laksanakan Lomba Memanah

Saat ini penanaman dilakukan untuk lahan seluas 1.448 hektare. PT Karimun Granit menargetkan npada tahun 2018 sudah dilakukan rehabilitasi lahan sekuas 5.000 hektare.

Raja menambahkan, perusahaan sangat berkomitmen untuk meningkatkan fungsi hutan dan lahan. Dengan demikian dapat mendukung sistem penyangga kehidupan.

Provinsi Kepulauan Riau memiliki potensi kehutanan, dengan komoditas yang dapat dikembangkan antara lain yaitu kayu, rotan, dan kulit kayu yang dapat diolah menjadi plywood, block-board, veneer, lumber-core, kayu gergajian dan poliyester. Sebaran ekosistem mangrove potensial di Provinsi Kepulauan Riau meliputi

Baca Juga :  Ayo, Kejar Proyek Fisik!

Berdasarkan data dari website Bappeda Pemprov Kepri, ada beberapa titik hutan di Batam yakni, Pulau Elong, Pulau Rano, Pulau Dedap, Pulau Kalou, Pulau Bimbar.

Sedangkan di Bintan yakni, Desa Teluk Bakau, Pulau Beralas Bakau. Pulau Kembang, Sebakung, Sungai Pering, Sekitar Penagi, Binjai (Kabupaten Natuna). Sungai Kongka, Desa Kentar/Pulau Kentar, Desa Kentar/Pulau Bakau, Tanjung Mana, Tanjung Bungsu, Secawar, Tanjung Kelit, Lundung (Kabupaten Lingga). Hutan pantai terdapat hampir di seluruh pantai di Provinsi Kepulauan Riau. (ais)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here