1.765 Warga Belum Punya KTP-el

0
67
Tim Disdukcapil saat melakukan perekaman KTP-el di Desa Penuba beberapa waktu lalu. F-tengku/tanjungpinang pos

LINGGA – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Lingga tetapkan 66.876 orang sebagai Daftar Pemilih Sementara Hasil Perbaikan (DPS-HP) atau DPT untuk pemilihan umum yang akan digelar tahun 2019 mendatang. Dari sejumkah itu KPUD Lingga juga mencatat 1.765 pemilih pemula yang belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el).

”Penetapan DPS-HP dan DPT ini telah dilakukan dalam rapat pleno terbuka yang digelar Senin (20/8), lalu. Bagi yang belum memiliki KTP-el, Kami memiliki data Model ac,” kata Komisioner KPUD Lingga, Hasbullah, kemarin.

Dikatakan, meski bisa masuk data pemilih, bagi warga yang belum memiliki KTP-el diharapkan berperan aktif dengan melakukan perekaman di Disdukcapil Lingga. Sebaliknya, Disdukcapil komitmen melakukan perekaman ke desa dan sekolah agar warga yang belum memioiki KTP-el, segera mendapatkannya. ”Program jemout bila ini akan dilakukan Disduk Capil hingga Bukan Desember, mendatang,” ucapnya.

66.876 pemilih yang ditetapkan tersebut, terdiri atas 34.341 pemilih laki-laki dan 32.535 pemilih perempuan yang tersebar di 10 kecamatan, 82 desa/kelurahan dengan 352 tempat pemungutan suara (TPS).

Hasil penetapan DPT 2019 ini mengalami sedikit penurunan jika dibandingkan dengan DPT Pemilu untuk kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Lingga tahun 2015 yaitu sebanyak 68.040 pemilih.

”Kami berharap untuk ada peningkatan partisipasi masyarakat untuk mengunakan hak pilihnya pada oemilu mendatang,” imbuhnya.(TENGKU IRWANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here