1 Maret Pendaftaran Calon Komisioner KPU

1
496
Sosalisasi seleksi Anggota KPU kabupaten/kota se-Provinsi Kepri di Hotel CK Tanjungpinang, Minggu (26/2). F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Untuk Tujuh Kabupaten/Kota di Kepri

TANJUNGPINANG – Bagi Anda yang ingin berkarir di Komisi Pemilihan Umum (KPU) mulai persiapkan diri dari sekarang. Karena mulai 1 Maret sampai 12 Maret mendatang, akan dibuka penerimaan calon Komisioner untuk KPU Tanjungpinang, KPU Bintan, KPU Lingga, KPU Anambas,KPU Karimun, KPU Anambas dan KPU Batam.

Hal ini diungkapkan ketua tim seleksi (Timsel) peneriman calon KPU Kabupaten/Kota di Kepri, Razaki Persada, kemarin.

Mantan Ketua Bawaslu Kepri ini menjelaskan timsel calon anggota KPU kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri khawatir kurangnya peminat dari masyarakat untuk mendaftarkan dirinya sebagai bakal calon (balon) anggota KPU didaerahnya masing-masing. Kurang peminat dari masyarakat diprediksi di empat kabupaten, yakni Kabupaten Bintan, Lingga, Natuna dan Kabupaten Kepulauan Anambas.

”Kita belajar dari periode sebelumnya. Memang kurang peminat dari masyarakat untuk ikut serta seleksi calon Anggota KPU,” Razaki Persada kepada Tanjungpinang Pos setelah selesai mensosalisasikan seleksi calon Anggota KPU kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri di Hotel CK Tanjungpinang, Minggu (25/2).

Sambung dia, kurangnya peminat dari masyarakat tersebut, sudah pernah menyampaikan ke KPU RI. Saat itu, keluhannya langsung direspon baik dari KPU RI saat dirinya menjadi peserta Bimtek.

Solusi yang diberikan KPU RI ke Timsel calon Anggota KPU kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri, adalah untuk menambah waktu pendaftaran seleksi Anggota KPU kabupaten/ kota. Penambahan waktu tergantung kondisi nanti. Intinya, tidak mengurangi jadwal tahapan yang ada, seperti tahapan tes tertulis, wawancara hingga tahapan lainnya.

”Kita mulai buka pendaftaran seleksi calon Anggota KPU kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri pada tanggal 1 sampai 12 Maret 2018. Mungkin bisa jadi penambahan waktunya tujuh hari kerja,” ucap Razaki.

Seleksi yang berlangsung 12 hari, timsel calon KPU kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri butuh minimal 40 orang yang mendaftar. Bila kurang dari 40 orang yang mendaftar belum memuhi syarat pendaftaran.

”Salah satu syaratnya, boleh tamanan SMA sederajat. Kemudian, minimal usianya 30 tahun dan masih banyak lagi syarat lainnya,” ucap dia.

Dokumen seleksi calon Anggota KPU kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri, dia sarankan, untuk langsung datang ke Kantor Sekretariat KPU Provinsi Kepri berada di Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang. Apabila tidak bisa datang, dokumen milik pelamar bisa dikirim lewat kantor pos. Supaya berkas dokumen milik masyarakat bisa diterima oleh timsel calon Anggota KPU kabupaten/kota se-Provinsi Kepri.

Biar mencapai kuota pelamar, ia akan lakukan kerjasama dengan pemerintah setempat di Provinsi Kepri. Agar masyarakat tahu, bahwa ada pengumuman seleksi anggota KPU kabupaten/ kota se-Provinsi Kepri.

”Kita harap stakeholder yang hadir dalam sosalisasi ini, bisa membantu timsel calon Anggota KPU kabupaten/kota se-Provinsi Kepri. Seperti NU, MUI, dari perguruan tinggi hingga insan pers,” sebut dia. (dri)

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here