10 Hari Jelang Lebaran, Tiket Naik Drastis

0
244
Pintu masuk Bandara Udara Ranai Natuna. Nampak aktivitas bandara masih sepi. F-DOKUMEN/tanjungpinang pos

NATUNA – Jelang Hari Raya Idul Fitri 1439 Hijriah harga tiket pesawat disetiap daerah mengalami peningkatan mulai dari 20 persen sampai 40 persen. Harga tiket pesawat dari Natuna ke luar kota yang biasanya dijual sekitar Rp1,1 juta, kini naik hingga Rp1,7 Juta lebih. Apalagi, harga tiket terusan yang mencapai Rp3 juta lebih.

”Jika ingin pulang kampung dengan menggunakan tranportasi udara, jelas akan mengeluarkan kocek cukup mahal. Untuk terusan dari Natuna ke Pekanbaru, harganya saja sudah mencapai Rp3 juta lebih,” ucap Ujang, di jalan Soekarno Hatta, warga Ranai yang sudah lama tinggal di Natuna, Jumat (1/6) lalu.

Dikatakannya, harga tiket pesawat mulai 10 hari menjelang lebaran sudah biasa dari tahun ketahun mengalami kenaikan harga yang sangat drastis. Kenaikan tersebut, jelas cukup membebankan bagi warga yang memiliki keuangan pas-pasan.

Jika tidak mempunyai uang lebih jelas, tidak akan bisa pulang kampung menggunakan pesawat lebih baik memilih menggunakan tranportasi laut. ”Jadi kalau tidak pegangan uang lebih tidak bisa pulang dengan pesawat, lebih baik pakai kapal laut aja,” ungkapnya.

Hal senada juga disampaikan oleh Somat, warga Midai yang ingin kembali ke kampung halaman mengeluhkan, bahwa tranportasi laut dirasakan masih minim. Apalagi tidak berlayarnya lagi KM Bukit Raya yang masih tahap perbaikan.

”Gimana mau pulang kampung pakai kapal laut, sampai saat ini saja transportasi seperti KM. Bukit Raya yang kandas itu, belum ada kejelasan,” ucapnya.

Somat hanya berharap, sebelum lebaran nanti ada kapal yang layak seperti KM. Bukit Raya yang bisa melayani bagi masyarakat menengah ke bawah. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here