10 Ustaz Uji Kemampuan Santri

0
185
Suasana seleksi santri di Masjid Agung Al Hikmah Tanjungpinang, kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Sebanyak 10 ustaz di Tanjungpinang, mulai menguji kemampuan membaca Alquran dengan baik ke 63 santri di Masjid Agung Al Hikmah Tanjungpinang, Minggu (16/9).

Pesertanya, santri ada dari Pulau Jawa dan Pulau Sumatara. Diantaranya, ada dari Pekanbaru, Semarang,Yogyakarta, DKI Jakarta, Medan dan Aceh. Mereka ke Tanjungpinang untuk mengiktui seleksi calon santri yang dilaksanakan oleh Yayasan Ashabul Quran Tanjungpinang.

”Daerah kita (Tanjungpinang, red) adalah pusat Alquran Indonesia,” kata Direktur Yayasan Ashabul Quran, Muqtafin kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (16/9).

Menurutnya, awalnya, ada sekitar 1.032 santri yang sudah mendaftarkan diri sebagai peserta seleksi calon santri. Mereka adalah santri dari berbagai daerah yang menyebar di Indonesia. Setelah daftar secara online, panitia langsung menyeleksi pemberkasan milik santri tersebut. Dari hasil seleksi, hanya 201 santri yang lengkap pemberkasan administrasi.

”Sisanya 831 santri yang tidak lengkap berkas administrasi,” ucap Muqtafin juga menjabat Pimpinan Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kota Tanjungpinang ini.

Sambung Ketua Yayasan Ashabul Quran, Rully Attaqi, panitia kembali melakukan seleksi santri tentang membaca Alquran. Seleksi yang dilakukan panitia melalui alat komunikasi, yaitu handphone (hp).

Setelah itu, dewan juri meminta para santri untuk membaca Alquran melalui video call. Pasalnya, dewan juri ingin melihat santri secara langsung.

Selain itu, dewan juri juga mendengarkan suara santri sebenarnya. Karena dewan juri memilih santri yang suaranya bagus serta pandai membaca Alquran sesuai tartil.

”Alhamdulillah, kita dapat 63 santri. Nah, sekarang ini (Minggu, red) kita sedang berhadap secara langsung dengan 63 santri,” ucap dia.

Menurutnya, 63 santri ini, masih diseleksi kemampuannya disaat membaca Alquran. Karena dewan juri akan menentukan dan memilih 12 santri terbaik dari 63 santri. ”Nanti, 12 santri kita akan karantina di Pulau Penyengat. Karena untuk menghafal 30 juz Alquran,” sebut dia. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here