100 Seniman Berkemah di Batam

0
441
100 panyair dari empat negara di Asia Tenggara kumpul di Marina City, Batam. f-istimewa/tanjungpinang pos

BATAM – Komunitas Seni Ziarah Kesenian (ZK) Kota Batam menggelar acara perkemahan seniman se-Asia Tenggara di Pantai Marina City, Kota Batam, selama tiga hari.

Acara yang digelar dari 2 Maret hingga 4 Maret ini diikuti oleh seratus orang seniman dari 4 negara.

Sejumlah penyair kondang di tanah air juga tampak ikut meramaikan perkemahan para seniman yang digelar di Pantai Marina City, Kecamatan Sekupang ini. Menurut Ketua Pelaksana Perkemahan Seniman Ziarah Kesenian Kepahlawanan Nusantara, Rahmanidar Syafei Putri, acara tersebut sebagai ajang silaturahmi bagi para seniman juga untuk saling mengenal seni budaya dan bahasa dari berbagai negara peserta.

”Peserta perkemahan ini ada dari Indonesia, Malaysia, Singapura dan Thailand. Semoga para peserta bisa berbaur dan saling tukar pengetahuan di bidang budaya dan sastra,” sebut Rahmanidar Syafei.

Pada pembukaan acara, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Batam Pebrialin yang mewakili wali kota berharap kegiatan serupa akan sering dilakukan untuk mendongkrak wisatawan berkunjung ke Kota Batam.

”Pemko Batam khususnya Dinas Pariwisata menyambut baik kegiatan perkemahan seperti ini. Semoga bermanfaat dan untuk menjaga silaturahmi antarnegara, khususnya bagi para seniman, sehingga dapat saling mengenal seni budaya dan bahasa dari berbagai negara,” kata Pebrialin.

Pebrialin menyebutkan, perkemahan seniman itu juga merupakan salah satu upaya untuk meningkatkan wisatawan.

Setelah pembukaan, peserta menghadiri acara peluncuran buku puisi dua penyair Komunitas ZK Nusantara, yaitu buku kumpulan puisi Rahmanidar Syafei Putri yang berjudul Perempuan Bajak Laut dan Wan Thuwaibah Ghazali yang berjudul Warkah Seorang Srikandi.

Menurut Rahmanidar, dalam rangkaian acara itu, para seniman menggelar diskusi sastra, diskusi film, ziarah ke makam Nong Isa di Nongsa lalu mengisi acara panggung seni dan sastra. (jek)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here