11 JCH Tak Memenuhi Syarat Kesehatan

0
68
JCH Tanjungpinang jalani tes kesehatan. f-istimewa

TANJUNGPINANG – Jemaah Calon Haji (JCH) asal Kota Tanjugnpinang siap menjalani ibadah haji 2019. Ongkos haji di Kepri sudah ditentukan oleh Kementerian Agama melalui keputusan Presiden RI yakni Rp32.306.450/jamaah

Namun, sebelum dinyatakan siap berangkat ke tanah suci, para jemaah calon haji tersebut telah menjalani pemeriksaan kesehatan sebagai prasyarat sebelum melunasi sisa pembayaran biaya haji.

Pemeriksaan kesehatan itu adalah untuk mengukur istitha’ah atau kemampuan calon untuk berangkat haji baik fisik dan mental. Jadi, ada empat kriteria, pertama memenuhi syarat, kedua memenuhi istitha’ah dengan pendampingan, ketiga tidak memenuhi syarat sementara misalnya karena penyakit menular, dan tidak memenuhi syarat sama sekali.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kota Tanjungpinang, Rustam total calon jemaah yang disampaikan Kementerian Agama Kota Tanjungpinang sebanyak 339 orang. Yang terkonfirmasi 319, yang sudah mengikuti pemeriksaan kesehatan lanjutan. Dan ada 4 orang belum datang karena sedang bekerja di luar negeri dan belum mendapatkan izin cuti dari atasannya.

Hasil pemeriksaan kesehatan haji yang dilaksanakan Dinkes Dalduk KB kota Tanjungpinang, pada tanggal 13-14 Maret, lalu terdapat 11 JCH masuk kategori tidak memenuhi syarat istitaah sementara.

”Mereka yang termasuk kategori tidak memenuhi syarat istitoah sementara ini antara lain tiga orang menderita penyakit dan saat ini.

Sedang mengikuti pengobatan. Tiga orang memerlukan pendampingan orang tetapi belum mendapatkan pendamping serta lima orang belum melakukan konsultasi lebih lanjut dengan dokter soesialis yang memeriksa kesehatan jemaah calon haji,” ujarnya, kemarin.

Sedangkan, satu orang calon jemaah lainnya masih memerlukan pemantauan dan evaluasi lanjutan mengingat ada indikasi mengalami dementia berat yang berpotensi masuk pada kategori tidak memenuhi syara istitoah tetap.

Sambung Rustam, bagi yang sedang mengikuti pengobatan, ia mengimbau agar melakukannya dengan tekun, mengikuti petunjuk dan arahan tim medis dengan sebaik baiknya sehingga bisa memenuhi syarat istitoah sebagaimana ditentukan. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here