11 September, Ujian CPNS KemenkumHAM

1
2213
SERIUS: Peserta serius mengikuti ujian CPNS, beberapa waktu lalu. f-dok/tanjungpinang pos

Hotel Comfort Siapkan Tiga Ruangan Jumbo

Ujian Computer Assisted Test (CAT) penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) di lingkungan Kemenkum HAM wilayah Kepri digelar 11 – 13 September 2017 untuk formasi Strata S1 dan D3.

TANJUNGPINANG – TANGGAL 25 September hingga 3 Oktober 2017 ujian dilanjutkan untuk lulusan SMA sederajat. Ujian akan digelar di Hotel Comfort Batu 12 Tanjungpinang.
Sesuai data peserta lolos administrasi, sekitar 4.068 orang yang akan mengikutinya. Pihak pengelola Hotel Comfort Tanjungpinang pun sudah mulai mempersiapkan ruangannya. ”Kami menyiapkan tiga ruangan besar untuk pelaksanaannya,” ujar Fitri, Asisten Sales & Marketing Manager Comfort Hotel Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Jumat (8/9) kemarin.

Lebih lanjut, Fitri menjelaskan, sebelumnya pihaknya sudah sepakat membahas masalah teknis pelaksanaan ujian hingga selesai. Bahkan, persoalan teknis yang bisa terjadi seperti mati lampu juga sudah dibahas dan disiapkan solusinya. Mereka tidak hanya mengandalkan listrik PLN. ”Seandainya listrik PLN mati, kami kami sudah menyediakan genset. Namun kalau untuk teknis lainnya, mungkin sudah menjadi tanggungjawab panitia Menkumham,” ujarnya.

Baca Juga :  Luhut Dorong Kembangkan Industri Maritim

Bisa dipastikan, setiap hari sekitar 500-an peserta akan mengikuti ujian CPNS dari berbagai kabupaten/kota di wilayah Kepri berkumpul di Hotel Comfort. Pihaknya sejauh ini tidak mempersoalkan hal itu. Karena menurut Fitri, pada saat pertemuan membahas masalah teknis dengan MenkumHAM Kanwil Kepri, ujian tidak hanya digelar satu hari melainkan bertahap.

Jadi, kemungkinan terjadi penumpukan atau masalah kekurangan ruangan tidak ada terjadi. ”Ujiannya bertahap, jadi kami tak begitu khawatir lah,” ucapnya.

Informasi yang dihimpun, selama ujian berlangsung, panitia dari tim Menkumham Kepri juga melibatkan pihak akademisi dari Kampus Universitas Maritim Raja Ali Haji (UMRAH) Tanjungpinang untuk membantu pelaksanaan pengawasan dan teknis ujian CAT.

Hasil seleksi administrasi untuk pelamar CPNS Kemenkumham dan Mahkamah Agung (MA) sudah diumumkan sejak 6 September. Setelah itu para pelamar akan memasuki tahap seleksi kompetensi dasar (SKD).

Menurut Karo Humas Badan Kepegawaian Negara (BKN) Mohammad Ridwan, SKD Kemenkumham dan MA dimulai 11 September. Pelaksanaannya bersamaan dengan dimulainya pendaftaran CPNS 61 instansi pusat dan daerah. ”Pelamar CPNS yang sudah lolos akan dites SKD dengan computer assisted test (CAT) pada 11 September,” kata Ridwan.

Baca Juga :  Drainase di Kampung Raya Segera Dibenahi

Pelajari Syarat Rekrutmen CPNS
Pada 5 September 2017 pemerintah secara resmi mengumumkan penerimaan CPNS 2017 periode kedua yang melingkupi 60 Kementerian/Lembaga (K/L) dan 1 Pemerintah Daerah (Kalimantan Utara) telah dibuka. Jumlah kuota formasi yang tersedia pada 61 K/L serta persyaratan rekrutmen bisa diakses publik melalui sscn.bkn.go.id pada navigasi ‘pengumuman’.

Sama halnya dengan penerimaan CPNS periode pertama yang melingkupi Kemenkum HAM dan MA, setiap pelamar hanya bisa memilih 1 (satu) instansi yang dituju dengan syarat memenuhi kualifikasi yang ditetapkan masing-masing instansi.

Dan bagi pelamar CPNS periode pertama yang tidak lolos seleksi administrasi dapat mengikuti kembali pendaftaran CPNS pada periode kedua yang tersedia di 61 K/L tanpa harus membuat akun baru.

Berbeda halnya dengan pendaftaran online periode I yang dibuka serentak pada 1 Agustus 2017 dan berakhir pada 31 Agustus 2017, jadwal pendaftaran online CPNS pada 61 K/L kali ini ditentukan oleh masing-masing instansi.

Kepala Biro Hubungan Masyarakat BKN, Mohammad Ridwan mengingatkan agar para pelamar meliat baik-baik semua persyaratan yang ditentukan. ”Untuk itu calon pelamar diminta untuk mencermati terlebih dahulu seluruh keterangan, syarat/jadwal pendaftaran, dan mekanisme pelaksanaan pendaftaran di masing-masing formasi untuk menghindari kesalahan pendaftaran,” ujar Ridwan.

Baca Juga :  Huzrin Mengundurkan Diri dari BUP

Jika telah memahami segala ketentuan/persyaratan, pelamar dapat melakukan pendaftaran online melalui portal Sistem Seleksi CPNS Nasional (SSCN) BKN sesuai dengan jadwal yang ditetapkan masing-masing instansi.

Selain memuat syarat rekrutmen, pada portal SSCN juga tersedia navigasi Frequently Ask Questions (FAQ) atau pertanyaan umum seputar SSCN yang bisa dipelajari oleh para pelamar untuk mengantisipasi kesulitan yang ditemui saat melakukan pendaftaran. ”Melalui siaran pers ini kami juga mengingatkan kembali agar pelamar mengakses informasi penerimaan dan pendaftaran CPNS hanya melalui media informasi resmi pemerintah,” imbuhnya.

Seluruh proses rekrutmen merupakan proses yang dilakukan tanpa dipungut biaya sedikit pun dan berjalan terbuka sehingga berkompetisilah secara adil. (Suhardi/jpnn)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. kami peserta tes cpns s1 kemenkumham meRasa tidak adil terkait adanya isi akan diberlakukan ranking nasional, otomatis nilai2 yg akan bersaing ialah nilai tertinggi se indonesia yg mayoritas diisi oleh putra2 jawa. Maka kami peserta yg berjumlah 91 org yg sampai ke tahap wawancara tentu akan semakin berkurang jika diberlakukan ranking nasional. Sementara kuota yg dibutuhkan untuk pelamar s1 sebanyak 220

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here