12.130 Warga Nunggak PBB

0
112
SUASANA pelayanan pengambilan SPPT PBB kepada warga, di Kantor Kelurahan Batu X berlamat Jalan Adi Sucipto, Km X Tanjungpinang. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – MASIH ada sekitar 12.130 warga Kelurahan Batu IX yang belum membayar Pajak Bumi dan Bangunan (PBB). Sampai saat ini, baru 8.065 lembar Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang diambil oleh Wajib Pajak (WP).

Pengambilan SPPT PBB ini di Kantor Kelurahan Batu IX, Jalan Adi Sucipto, Km X Tanjungpinang, Bintancenter. SPPT PBB yang diambil perangkat RT, itu milik warga yang berdomisi di wilayah kerjanya.

”Kalau tidak ada warga yang tinggal di wilayah tercantum di SPPT PBB, tidak diambil. Ya, Pak RT membantu warga saja,” kata Lurah Batu IX, Fery Andana melalui Kepala Bidang Pelayanan dan Kesejahteraan Sosial, Ajijah kepada Tanjungpinang Pos, Senin (25/6).

Ajijah mengatakan, batas pengambilan SPPT PBB milik WP berdomisili di Kelurahan Batu IX berakhir, September 2018 nanti. Pasalnya, 30 September batas terakhir WP untuk membayar pajak.

WP bisa melakukan transaksi pembayaran pajak di tiga loket yang berbeda. Bisa bayar pajak di BTN, Kantor Pos, dan juga langsung datang ke Kantor Badan Pengelolaan Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Tanjungpinang. Sampai saat ini, sudah sekitar 8.065 lembar SPPT PBB yang diambil warga Kelurahan Batu IX selaku WP.

”Jadi, masih ada sekitar 12.130 lembar SPPT PBB yang belum diambil,” jelasnya.

Otomatis, WP tersebut belum bayar PBB. Bisa jadi WP yang tercantum di SPPT PBB, tidak lagi tinggal di Kelurahan Batu IX. Tapi, warga tersebut memiliki aset di wilayah tersebut.

”Kita terima SPPT PBB dari BPPRD Kota Tanjungpinang sebanyak 20.195 lembar. Kalau tidak keliru, kita terima SPPT PBB tanggal 28 Maret 2018 lalu,” sambungnya.

Apabila semua WP langsung bayar pajak, maka wilayah Kelurahan Batu IX menyumbang Pendapatan Asli Daerah (PAD) Kota Tanjungpinang sebesar Rp 2.294.700.919 dari 20.195 WP tersebut. ”Nominal ini yang kita terima dari BPPRD Kota Tanjungpinang,” sebut dia. (ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here