120 Toko di Kota Lama Tutup

2
6365
Calon Wakil Wali Kota Tanjungpinang , Rahma turun ke salah satu salon di Kota Lama yang mengaku pengunjungnya sepi.

Kembalikan Parkir Seperti Semula

TANJUNGPINANG – Pasangan Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang dari nomor urut Satu, H Syahrul dan Hj Rahma (Sabar) berkomitmen akan mengembalikan model parkir seperti semula yaitu serong.

Ini akan segera direalisasikan, bila pasangan ini dipilih masyarakat sebagai wali kota dan wakil wali kota periode 2018-2023 mendatang.

“Ini komitmen saya bersama Pak Syahrul, ini  masuk program 100 hari kerja nantinya di luar hal-hal lain yang juga penting diselesaikan. Keputusan ini dinilai perlu, setelah melakukan komunikasi dengan para pemilik toko bahwa ekonomi lesu. Ini bukan janji tapi bisa direalisasikan jika kami terpilih,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, usai menyusuri toko-toko di Jalan Merdeka bersama Syahrul dan tim, Sabtu (24/2).

Rahma menuturkan, dari hasil komunikasi ada beberapa hal yang membuat kondisi perekonomian di kawasan ini lesu. Informasi ini juga disampaikan Ketua RT 1/6 Kelurahan Tanjungpinang Kota, Wison kepada Tanjungpinang Pos bahwa ekonomi kota lama merosot.

Dari pendataannya, ada sekitar 120 toko yang tutup. Ini akumulasi dari 2017 sampai awal 2018 ini. Bahkan di dua bulan terakhir ini, ada 66 toko tutup. Meskipun ada juga beberapa yang memutuskan pindah ke kawasan lain.

“Tapi kebanyakan tutup, sebagian saja yang pindah ke kawasan atas. Ekonomi sangat lesu yang disebabkan beberapa faktor,” tuturnya.

Menurutnya, ada beberapa hal yang membuat ekonomi lesu. Diantaranya mekanisme perizinan masuk dan keluarnya barang. Selain itu, terkait perputaran uang yang sangat lemah karena APBD Kota Tanjungpinang lambat dijalankan.

“Belanja dari pegawai sekarang sepi, mungkin karena APBD belum di jalankan. Ini juga berpengaruh kepada daya beli,” tuturnya.

Beberapa pedagang Pasar Ikan Kota Lama juga mengeluhkan terkait genangan air yang selalu mengintai saat hujan turun. Rahma menilai empat hal ini bisa direalisasikan. Terutama terkait sistem parkir serta realisasi APBD yang bisa dijalankan di Januari setiap tahunnya.

Sedangkan penanganan banjir dan izin akan dibahas bersama dinas teknis terkait. Meski demikian, ia memastikan bisa diselesaikan. Disela-sela kunjungan pemilik toko juga berharap pemerintah menyediakan toilet umum di kawasan tersebut. Terkait hal ini, Rahma juga menilai bisa dipenuhi.

Ia berharap ekonomi tidak terjadi berpindah dari Kota Lama ke kawasan atas atau Bintan Centre, melainkan bisa bertumbuh bersamaan.

” Ini bisa direalisasikan, tergantung bagaimana menghidupkan ekonomi di kawasan Kota Lama ini aja. Sudah pernah jaya, jadi lebih mudah mengembalikannya,” tutur Rahma.

Bahkan tak menutup kemungkinan kawasan ini akan di tata. Misalnya, toko-toko akan dipercantik dengan menentukan cat warna-warni. Serta memberikan sentuhan-sentuhan kawasan kota tua dengan berbagai ornamen pendukung lainnya.

Diyakini Rahma, ini akan menarik perhatian wisatawan sekaligus menjadi pilihan tempat berbelanja. (dlp)

2 KOMENTAR

  1. Saya lahir dan besar diTanjungpinang. Hanya saja saat ini saya berdomisili di Yogyakarta. Saya ingin mengusulkan melalui tulisan ini utk menghidupkan kembali pasar dikota lama. Pemkot Tanjungpinang mungkin bisa menggandeng seluruh stake holder terkait. Dinas pariwisata, dinas perdagangan dan toko-toko yg berada disana. Adakan acara festival belanja rakyat. Metodenya dari semua toko yg ada memberikan diskon menarik dan bonus door prize dari pemerintah dengan sistem kupon undian. Setiap belanja 100 ribu dapat 1 kupon undian. Hadiahnya bisa apa aja yg menarik, misalnya mobil melalui mekanisme kerjasama promosi dengan dealer terkemuka disana. Atau paket wisata kerjasama dgn perusahaan tour travel yg ada. Pasar dibuka sampe malam jam 10 utk acara tersebut. Bisa dimeiahkan dengan suguhan atraksi musik atau kesenian dari pelajar seluruh sekolah yg ada, setiap instansi pemerintahan dibawah pemkot, atraksi musik melayu dan kompang serta kesenian budaya cina dari seluruh RW yg ada dan dilakukan bergilir setiap harinya. Mekanisme diskon belanja dengan sistem dana subsidi dari pemerintah. Klaim bisa dilakukan dari setiap toko yg ada melalui sistem pelaporan penjualan online sekaligus utk bisa menghitung tinjauan pemasukan pajak belanja utk kas daerah.

    Selain itu bisa dilakukan kegiatan sosial lainnya yg dipusatkan dipasar kota lama. Misalnya, bulan donor darah serentak sekota tanjung pinang. Atau kegiatan senam massal setiap minggu pagi yg diikuti dengan bazar sembako murah dari setiap pedagang yg ada dipasar ikan dan pasar lainnya dengan menggunakan tenda atau lapak seragam yg disediakan oleh pemkot dengan sistem bagi hasil.

    Lakukan promosi melalui media online facebook, instagram dan twitter. Sediakan spot swafoto yg instagramable dan viralkan hashtag tertentu melalui twitter. Berikan undian berhadiah bagi masyarakat yg bersedia mempromosikannya melalui mekanisme undian dihastag tertentu. Siaga terhadap parkir liar, pungutan liar, selalu jaga keamanan dan kebersihan. Angkot ditata rapi. Setiap hari jumat seluruh kedai kopi bisa menyediakan sarapan gratis sebanyak 50 porsi untuk kaum dhuafa. Jumlah bisa ditambah dengan merangkul perusahaan atau hotel yg ada disana utk ikut serta menggunakan dana CSR perusahaannya.

    Kuncinya adalah, pemkot harus berani jadi pionir penggerak, masyarakat terutama pemilik toko disana harus mau bekerja sama, demi menggerakkan kembali perekonimian dipasar lama.

  2. Very constructive recommendation & suggestion that worth trying for all the stake holders to work out the plan together to make it a reality rather than sit down waiting & doing
    nothing that eventually will sink together.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here