127 Mahasiswa KKN di Dua Negara

0
358
MAHASISWA-MAHASISWI Stisipol Tanjungpinang yang KKN di luar negeri foto bersama bersama dosen pembimbing. F-istimewa

Laporan Disampaikan Melalui Youtube dari Malaysia dan Thailand

Sebanyak 127 mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Tanjungpinang melakukan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) ke negara tetangga Malaysia dan Thailand yang berangkat pada Sabtu (4/8) lalu.

MALAYSIA – Dari 127 peserta tersebut merupakan mahasiswa dari Prodi Administrasi Publik sebanyak 48 orang, prodi Ilmu Pemerintahan sebanyak 49 orang dan prodi Sosiologi sebanyak 30 orang yang didampingi dosen sebanyak 12 orang.

Sementara tujuan observasi KKLN ini yaitu ke Ke Malaka, Kedah yaitu Utara University Malaysia (UUM), Hatyai, Songklha (konsulat jendral RI), Kuala Terengganu tempat Universiti Sultan Zainal Abidin (UNiSZA) dan Kuala Lumpur.

Ketua panitia pelaksana KKLN Stisipol 2018 Ferizone S Sos MPM menyampaikan, program KKLN ini berjalan selama 10 hari melakukan observasi ke Malaysia dan Thailand membandingkan antara konsep dan praktek setiap kampus yang dikunjungi.

Namun sebelum observasi perlu membaca dan menambah wawasan terlebih dahulu, mengenai lokasi yang menjadi target studi.

Tahun ini mekanisme pembuatan laporan mahasiswa tidak berdasarkan paper base lagi melainkan menggunakan media teknologi informasi berbasis media sosial seperti Youtube. ”Jadi dalam membuat laporan mahasiswa harus membuat video yang berisi liputan hasil pengamatan,” terang Ferizone, Minggu (5/8).

Ia menambahkan, dalam membuat laporan itu misal mahasiswa Prodi Administrasi Publik melakukan pengamatan pelayanan publik dalam bidang transportasi di Kuala Lumpur di Malaysia.

Selain itu, juga melakukan pengamatan pelayanan transportasi di Kota Hatyai di Thailand bagian selatan. Maka, lanjut Ferizone, pengamatan tersebut dapat dipetik pelajaran yang baik yang dapat menjadi modal pengetahuan bagi mahasiswa.

”Ketika sampai di Malaysia, Sabtu (4/8) rombongan langsung menuju ke Malaka untuk melakukan observasi lapangan di sana. Kemudian malam hari setelah makan malam melanjutkan perjalan menuju UUM. Pagi Minggu (5/8) sampai di UUM untuk mendengarkan kuliah umum mengenai perkembangan politik pemerintahan dalam negeri Malaysia pasca terpilih Tun Dr Mahattir Mohammad sebagai Perdana Menteri Malaysia,” ungkap Ferizone.

Tahun lalu, sebanyak 130 mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang melaksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN) yaitu Thailand dan Malaysia.

Format KKN di luar negeri berbeda dengan di dalam negeri, terutama dari sisi waktu. Untuk KKLN hanya tujuh hari dan diutamakan kepada mahasiswa yang bekerja. Tahun ini, sebanyak 179 mahasiswa-mahasiswi Stisipol Raja Haji Tanjungpinang berangkat ke Natuna untuk melaksanakan Kuliah Kerja Nyata (KKN), Sabtu (7/7).

Keberangkatan rombongan KKN tersebut mengunakan KM Bukit Raya yang bertolak dari Pelabuhan Sribayintan, Kijang. Mereka akan mengabdi di daerah perbatasan NKRI tersebut selama beberapa pekan. KKN di Natuna kali ini, merupakan yang ke-2 dan pelaksanaan perdananya tahun 2017 lalu sebanyak 130 orang.

Dari 179 mahasiswa-mahasiswi yang ambil bagian, dibagi menjadi 17 kelompok yang disebar di 17 desa di 4 kecamatan yang ada di Natuna. Empat kecamatan itu diantaranya, Kecamatan Bunguran Timur, Kecamatan Bunguran Timur Laut, Kecamatan Bunguran Tengah serta Kecamatan Bunguran Selatan. Setiap kelompoknya terdiri dari 10 hingga 11 orang mahasiswa-mahasiswi.

Ketua Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Endri Sanopaka S.Sos MPM berharap, pelaksanaan KKN di Natuna kali ini lancar dan sesuai dengan misi pengabdian masyarakat yang direncanakan lewat program-program yang telah disusun.

Selain itu, Endri menginginkan mahasiswa yang KKN di Natuna membangkitkan semangat nasionalisme dan wawasan kebangsaannya. Sebab, peran mahasiswa-mahasiswi di perbatasan sangat dibutuhkan masyarakat baik secara sosial maupun ilmu pengetahuannya. Natuna merupakan pulau terluar yang dekat perbatasan Laut Tiongkok Selatan.(ADLY BARA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here