128 Pemuda Terjerat Kasus Narkoba

0
851
PARA tersangka pengedar narkoba jenis ganja dan sabu-sabu yang diamankan Satuan Narkoba Polres Karimun, Selasa (2/1). F-ISTIMEWA

Sepanjang tahun 2017, Satuan Narkoba Polres Karimun mencatat sebanyak 128 orang terjerat kasus narkoba. Dari jumlah itu diantaranya berkategori pengguna dan pengedar.

KARIMUN – ”Total barang bukti selama tahun 2017 yakni untuk jenis daun ganja kering 154,13 gram, sabu-sabu 7.907,09 gram, pil ineks 2080 setengah butir, heroin 19,66 gram, pil happy five 5744,5 butir,” kata AKP Mendra Nadyatiyas SIk, Kasat Narkoba Polres Karimun, Jumat (5/1).

Ia menambahkan, dengan jumlah tersangka 128 orang paara pelaku berasal dari 12 Kecamatan di Karimun dan luar Karimun termasuk Warga Negara Asing (WNA). Mendra mngungkapkan, rata-rata pelaku berusia antara 20-40 tahun dan masih termasuk usia produktif untuk bekerja. Lainnya, pelaku yang berstatus pengangguran alias tidak bekerja.

Untuk itu, pencegahan pemakaian narkoba terus dilakukan melalui penyuluhan baik di tingkat sekolah dan tingkat mahasiswa serta masyarakat.

Ia mengaku miris, dengan jumlah orang yang terlibat narkoba tahun lalu. Tahun ini, beberapa program pencegahan akan dilakukan dengan bekerja sama dengan pihak kelurahan, kecamatan, ibu PKK dan majelis taklim dan organisasi kepemudaan dan remaja masjid.

Dengan harapan, agar dapat meminimalisir penggunaan narkoba di semua kalangan. Tiga hari lalu, pihaknya telah diamankan 6 orang terduga pelaku kedapatan menyimpan dan memakai narkoba jenis ganja dan sabu-sabu.

Keenam pelaku telah diperiksa dan ditetapkan sebagai tersangka dan dijerat dengan pasal 112 UU No.35 Tahun 2009 tentang Narkotika dengan ancaman di atas 5 tahun kurungan penjara.

Di tempat terpisah, LSM Gapenta Karimun Maniur S mendukung program Satresnarkoba Polres Karimun memberantas peredaran narkoba di semua kalangan. ”Kami siap bekerja sama untuk melakukan penyuluhan, dan program lainnya dalam rangka meminimalisir peredaran narkoba,” terang Maniur.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here