13 Ribu Calon Pemilih di Pilwako Terancam Golput

0
265
Polisi dan petugas KPU Kota Tanjungpinang sedang meriksa kotak suara saat Pemilihan Gubernur Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) 2015 lalu. F-Andri Dwi S/TANJUNGPINANG POS

Sekitar 13 ribu warga Tanjungpinang terancam tak bisa menggunakan hak pilihnya dalam Pilkada 27 Juni 2018 mendatang. Hal ini lantaran mereka belum memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik.

TANJUNGPINANG – 13 Ribu warga itu juga belum mengantongi surat keterangan (Suket) sebagai penganti KTP-el. Suket ini hanya berlaku enam bulan saja. Fungsi suket, sama dengan KTP-el.

Jumlah penduduk Tanjungpinang sekitar 260.519 Jiwa, tapi yang masuk Daftar Pemilih Tetap (DPT) hanya 141.777 jiwa. DPT ini sudah disahkan oleh KPU Tanjungpinang. Menurut Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto kesadaran masyarakat untuk melakukan perekaman KTP-el masih minim. Ia juga belum menjamin apakah 13 ribu warga belum melakukan perekaman KTP, mau melakukan perekaman sebelum pencoblosan 27 Juni mendatang.

”Pemerintah tidak bisa mengeluarkan suket kalalu warga tidak melakukan perekaman KTP-el. Kalau mau suket warga h arus melakukan perekaman KTP-el dulu,” kata Irianto, kemarin.

Sambung dia, pemerintah sudah melakukan sosialisasi, namun masyarakat tetap masih memegang KTP SIAK. Warga beranggapan mereka tidak mau mengurus KTP-el, karena mereka ngak kemana-mana, terutama yang sudah berusia lanjut. ”Warga harus mengantongi KTP-el atau Suket baru bisa mencoblos,” kata Irianto.

Sambung dia, kalau tidak memiliki suket, berarti masyarakat yang masuk dalam kategori wajib KTP tidak bisa menyalurkan hak pilihnya di Tempat Pemungutan Suara (TPS) nanti. Pasalnya, suket salah satu acuan petugas untuk memberikan masyarakat menyalurkan hak pilihnya nanti.

Untuk tetap menyalurkan hak pilihnya nanti, ia mengimbau dan mengajak masyarakat segera melakukan perekaman KTP-el di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Atau bisa juga masyarakat datang ke Kantor Kecamatan Tanjungpinang Barat.(ANDRI-ABAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here