130 Peserta Ikuti Festival Tari dan Musik Melayu

0
732
MEMUKAU: Salah satu peserta tampil memukau saat lomba Festival Tari Kepri di Lapangan Relief Antam Bintan, belum lama ini.f-suhardi/tanjungpinang pos

Meriahkan PPTMA Tahun 2017 di Kabupaten Lingga

Festival Tari dan Musik Melayu menjadi rangkaian kegiatan yang akan memeriahkan pagelaran Perhelatan Pemuliaan Tamadun Melayu Antarbangsa (PPTMA) tahun 2017 di Lingga, 17-26 November nanti.

LINGGA – Sedikitnya 130 orang peserta festival akan meramaikan PPTMA nanti. Jadwal kegiatan tersebut berlangsung 19 November.

Terkait Festival Tari dan Musik Melayu ini, pengurus Lembaga Adat Melayu (LAM) Kepri sudah memutuskan untuk kegiatan tersebut, rutin dilakukan di Lingga.

”Ketua LAM Kepri Pak H. Abdul Razak sudah memutuskan untuk kegiatan rutin Festival Tari dan Musik Melayu akan digelar di Lingga. Sebelum dijadwalkan, LAM Kepri dan LAM Lingga sudah berkoordinasi demi suksesnya kegiatan,” kata ujar Ketua LAM Lingga, M.Ishak, Senin (30/10).

Baca Juga :  Wakasad Asah Bakat Bisnis Generasi Muda

Ishak mengatakan, LAM Kepri mendukung penuh kegiatan yang akan digelar Pemkab Lingga sempena memperingati Hari Jadi Kabupaten Lingga ke-14 nanti.

Bentuk dukungan langsung yang diberikan adalah dengan menempatkan kegiatan rutin Festival Tari dan Musik Melayu di Kabupaten Lingga saat PPTMA berlangsung.

Dikatakannya, 130 peserta festival ini merupakan perwakilan dari kabupaten/kota yang ada di Provinsi Kepri.

”Rencananya, peserta festival berangkat menuju Lingga pada 18 November. Kegiatan rutin ini adalah ajang pemilihan grup tari dari kabupaten yang akan mewakili Kepri dikancah tingkat nasional. Tahun lalu, kebetulan grup tari dari Lingga yang menjadi pemenangnya,” terangnya.

Baca Juga :  Meriam Meledak, Empat Prajurit Tewas

Selain LAM Lingga, bentuk dukungan lain datang dari Gubernur Kepri, Nurdin Basirun. Dalam rapat rutin tahunan dengan kabupaten/kota se Kepri yang juga dihadiri tokoh masyarakat Kepri, Sekda Kepri Arif Fadillah mewakili Gubkepri meminta kabupaten/kota di Kepri memberi dukungan untuk kegiatan PPTMA.

Salah satu contoh dukungan adalah dengan mengirimkan peserta setiap kegiatan yang dilakukan.

Diantara kegiatan PPTMA yang diikuti para peserta utusan kabupaten/kota se-Kepri adalah pameran Usaha Kecil Menengah (UKM) pariwisata, tampilan seni dan budaya, perbincangan Tamadun Melayu, pameran museum dan pawai.

Baca Juga :  Tidak Ada Rupiah Bangun Gubuk Napiah

Agenda lain di perhelatan akbar itu adalah, peserta PPTMA tahun 2017 akan dibawa untuk berziarah ke makam para Sultan dan Yang Dipertuan Muda.

Ziarah ini merupakan agenda rutin setiap pelaksanaan peringgatan HUT Lingga. ”Rangkaian kegiatan PPTMA disejalankan dengan kegiatan rutin peringatan HUT Lingga ke-14 yang jatuh pada 20 Vovember,” ucapnya.(TENGKU-SUHARDI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here