134 Mahasiswa KKLN di Malaysia

0
376
ROMBONGAN KKLN Stisipol Raja Haji Tanjungpinang ketika foto bersama di depan Masjid Selat Malaka. f-istimewa

Setelah Malaysia, Mahasiswa Stisipol Lanjut ke Thailand

Sebanyak 134 mahasiswa-mahasiswi Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang telah bertolak ke Malaysia untuk melaksanakan Kuliah Kerja Luar Negeri (KKLN). Selanjutnya nanti ke Thailand.

MALAYSIA – PADA, Sabtu (3/8) lalu, para kaum intelektual ini sudah berangkat ke Johor Baru. Rombongan KKLN Stisipol tersebut berangkat dari Tanjungpinang melalui Pelabuhan Internasional Sribintan Pura

Setelah tiba di Johor, rombongan langsung menuju ke tempat wisata bersejarah di Melaka. Mahasiswa berangkat menggunakan bus yang menempuh waktu perjalanan dari Johor Baru ke Melaka menempuh waktu sekitar 2 jam lamanya.

Ketua Panitia Pelaksana KKLN Stisipol Raja Haji Ferizone S.Sos MPM mengatakan, kunjungan hari pertama langsung bergerak ke Melaka untuk melihat geliat perkembangan pariwisata.

”Malaka dipilih menjadi tempat yang dituju, karena ingin melihat sejauh mana pengembangan wisata berbasis sejarah. Dalam mengingatkan pendapat negara, serta dampaknya terhadap kehidupan masyarakat lokal,” ucap Ferizon, Sabtu (3/7).

Lanjut Ferizone, Kunjungan yang dilaksanakan pada hari pertama ini ke kawasan wisata sejarah Gedung Merah dan Masjid Terapung di Melaka dan dataran pahlawan di Melaka.

Seluruh mahasiswa-mahasiswi tampak tidak menyianyiakan kesempatan, untuk berswa foto di kawasan Malaka.

Sebab, dikawasan itu terlihat sangat indah dan ramai wisatawan yang juga berkunjung. Setelah mengetahui tentang sejarah yang ada di Gedung Merah, rombongan meniggalkan Melaka.

Pada Minggu (4/7) rombongan pun bergerak menuju Sintok, Kedah untuk melajutkan program besok pagi di Universitas Utara Malaysia (UUM). Di UMM, mahasiswa Stisipol juga akan mengikuti kuliah umum.

”Di UUM akan ada seminar mengenai isu politik Indonesia pasca-pemilihan presiden dan anggota legislatif, serta isu-isu politik Malaysia dan Thailand terkini. Setelah itu perjalan akan dilanjutkan ke Hatyai, Thailand dan menginap di Thailand,” tuturnya.

Saat tiba di Hatyai Thailand nantinya, rombongan akan berkunjung Konsulat RI di Songkla. Sebagian mahasiswa Stisipol KKN di Anambas. Mereka membantu masyarakat dan pemerintah setempat. Di Kelurahan Letung, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas, mereka ikut membantu memperbarui data kependudukan bersama mahasiswa. Kelurahan Letung, terdapat 5 RW dan ada 18 RT.

Kelompok KKN Kelurahan Letung juga membantu kegiatan ekstrakulikuer (Ekskul) di SD Negeri 005 Kelurahan Letung. Adapun ekskulnya yaitu olahraga, agama, kesenian dan pramuka.

Hal ini dilakukan, untuk melatih dan menarik lagi minat bakat para siswa siswi.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang juga membuat pelang nama jalan dan gang di Desa Mampok, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Kepulauan Anambas.

Kegiatan itu merupakan aktivitas KKN Kampus Stisipol Raja Haji di desa tersebut. Tak hanya nama jalan, namun jarak antar RT 01 hingga RT 08 juga dibuat.

Banyak juga kegiatan mahasiswa di Anambas yang membantu anak sekolah dan warga.

Nama besar pahlawan kebanggaan Tanah Melayu Riau yakni Raja Haji Fisabilillah, telah membangkitkan semangat anak negeri untuk meneladani nilai-nilai pejuangan beliau dalam wujud pengembangan kualitas Sumber Daya Manusia melalui pendidikan. Sebab hanya melalui pendidikan bangsa ini dapat mencapai kemajuan dan mampu bersaing dengan bangsa-bangsa lain.

Semangat untuk mengembangkan aspek pendidikan dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia Indonesia, khususnya anak Melayu, diaktualisasikan dalam aksi bukan hanya orasi, juga dengan mendirikan Yayasan Raja Haji Fisabilillah oleh tokoh-tokoh masyarakat Kepri pada tanggal 12 Agustus 1998. Pemperoleh Izin Terdaftar dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, yakni berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No.133/D/O/1999 Tanggal 22 Juli 1999 dan peresmiannya dilaksanakan pada tanggal 8 Agustus 1999.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here