136 TKI Dideportasi dari Malaysia

0
92
Para TKI dideportasi sampai di Pelabuhan SBP Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Dipulangkan 136 orang Tenaga Kerja Indonesia (TKI) non prosedural dari Johor Bahru Malaysia ke Indonesia melalui Pelabuhan Internasional Sribintan Pura Tanjungpinang.

Kepala Pemeriksa Keimigrasian Pelabuhan SBP Tanjungpinang, Daniel Maxrinto membenarkan hal tersbeut.
Ia menuturkan adanya pemulangan TKI non prosedural dari Malaysia. Mereka tiba di pelabuhan menggunakan Kapal Feri Gembira 3 dari Pelabuhan Pasir Gudang, Johor Bahru, Malaysia.

“Pemulangan semalam, 136 itu dengan rincian 132 orang, perempuan dan 4 orang anak anak,” katanya Senin (15/7) di konfirmasi Tanjungpinang Pos.

Daniel menyebutkan, para deportan pulang kembali ke Indonesia adalah WNI yang telah selesai menjalani masa tahanan alasan pelanggaran Keimigrasian di Malaysia.

“Adapun 136 orang deportan berasal dari depot tahanan Imigresen Pekan Nanas Malaysia,” sebutnya.

Lanjutnya, dari pengakuan para deportan, mereka bekerja di Malaysia dengan berbagai bidang. Diantaranya menjaga kedai, cleaning service dan juga menjadi pembantu.

“Alasan utama para deportan bekerja di Malaysia secara ilegal untuk memenuhi ekonomi keluarga,” jelasnya.

Ia menuturkan, terhadap 136 orang telah melakukan pendataan ulang dan wawancarai. Kemudian diserahkan ke Satgas TKI Pemprov Kepri untuk dikembalikan kepenampungan di RPTC Tanjungpinang.

“Sebelum dipulangkan ke asal daerah masing-masing mereka di tampung di RPTC,” ujarnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here