1,4 Kg Sabu Dimusnahkan

0
546
Pemusnahan narkoba: Suasana pemusnahan barang bukti kasus narkotika di halaman Kantor Kejaksaan Negeri Tanjungpinang, Selasa (7/11). f-reymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kejaksaan Negeri (Kejari) Tanjungpinang memusnahkan barang bukti 1.402 gram atau 1,4 kg narkotika jenis sabu dan ganja di halaman kantor Kejari Tanjungpiang, Selasa (7/8).

Menurut Kejari Tanjungpinang Herry Ahmad Pribadi, pemusnahan narkotika itu merupakan kasus dari tahun 2016 sampai 2017. Selain itu, juga ada barang bukti yang masih dalam perkara kesehatan berupa alat alat kosmetik. Tahun 2017 ada sebanyak 52 perkara dan 2016 sebanyak 25 perkara. ”Barang bukti yang dimusnahkan ini perkaranya sudah brkekuatan hukum tetap,” katanya.

Herry menyebutkan, pemusnahan barang bukti bukti sebagai sekespakatan untuk bersama-sama melawan narkotika. ”Jumlah ini sangat banyak. Ini brtanda masih banyak kasus narkotika,” sebutnya.

Baca Juga :  Bambang Maryono Kembali Pimpin MUI Tanjungpinang

Herry mengaharapkan, semua pihak dapat menekan tindak pidana narkotika dengan sedikitnya perkara narkotika disidangkan bisa menjadi indikator kita dalam memberantas narkotika. ”Sangat disayangkan apabila generasi muda kita sudah terlibat dalam narkotika. Pemusnahan ini merupakan bentuk perlawanan dengan narkotika,” jelasnya.

Kasi Pidum Kejari Tanjungpinang Supardi mengatakan, untuk narkotika yang dimusnakan sebanyak 1.402 gram berjenis ganja dan sabu. ”Perkara narkotika paling banyak sabu, total keseluruhan 1.402 gram. Sedangkan untuk kosmetik ada 123 item yang dimusnakan,” sebutnya.

Menurutnya, terkait dengan barang bukti berupa handphone, kendaraan yang digunakan terdakwa itu tergantung dari putusan pengadilan apabila itu dikembalikan maka dikembalikan kepada terdakwa. ”Yang kita musnahkan hari ini narkotika untuk yang lain belum dilakukan upaya pemusnahan dan ini juga tergantung dengan putusan,” tuturnya.

Baca Juga :  Nikah Siri Tak Terdeteksi Kemenag

Sementara Wali Kota Tanjungpinang Lis Darmansyah memapresiasi kinerja kejaksaan dan kepolisian dalam memberantas narkotika di Tanjungpinang. ”Pemusnahan barang bukti merupakan bentuk pelawan dengan narkoba,” tuturnya.

Lis menyebutkan, Tanjungpinang termasuk jalur yang seksi bagi pengedar narkoba yang menjadikan daerah transit ke daerah luar. Ini merupakan menjadi kendala kita untuk menjaga Tanjungpinang terbebas dari narkoba. ”Untuk Tanjungpinang peredaran narkoba sangat minim, kebanyakan pengedar memanfaatkan Tanjungpinang sebagai transit,” bebernya.

Lis mengajak, untuk bekerja sama memerangi narkoba dan menghapusnya dari bumi segantang lada ini. ”Dengan pemusnahan narkotika dapat memberikan efek jera bagi pengedar narkoba beserta koroni-koroninya khususnya di Tanjungpinang,” ujarnya. (ray)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here