14 WNA Dieksekusi ke Tanjungpinang

0
554
DIPERIKSA: Petugas saat memeriksa WNA yang akan diberangkatkan ke Tanjungpinang. F-HARDIANSYAH/tanjungpinang pos

NATUNA – KEJAKSAAN Negeri (Kejari) Natuna mengirim 14 terpidana Warga Negara Asing (WNA) ke Lapas Tanjungpinang, Rabu (20/12). Langkah ini merupakan eksekusi putusan pengadilan, yang telah inkrah sebagai satu tahapan hukum.

Kejari Natuna Juli Isnur melalui Kasipidum Kajari Natuna Waher Tarihoran mengatakan, tahun ini terdapat 27 terpidana asing yang berada di bawah tanggung jawab Kejari Natuna.

”Ya betul, Tapi eksekusianya tidak bisa kita lakasanakan sekaligus karena kendala teansportasi. Mereka dikirim ke Lapas dalam dua tahap, 14 orang untuk tahap pertama, dan 13 orang untuk tahap kedua,” terang Waher, Rabu (20/12).

Waher mengungkapkan, WNA tersebut dieksekusi ke Tanjungpinang menggunakan pesawat terbang atas pengawalan ketat dari Kejaksaan dan Kepolisian Polres Natuna.

”Hari ini akan diterbangkan menggunakan pesawat sekitar jam 2 siang. Sisanya yang 13 itu, akan kita kirim lagi nanti pada tanggal 22 bulan ini juga,” ungkap Waher.

Sebelumnya, eksekusi terpidana khusus dan umum melalui jalur laut menggunakan kapal regional. Selama di Natuna, terpidana dititipkan sementara di Sel Tahanan Polres Natuna.

”Kita biasa mengirim dua kali setahun, karena tak mungkin ngirim ke Lapas setiap kali ada putusan pengadilan. Kita terkendala jarak dan transportasi jadinya kita kirim secara bertahap ke Tanjungpinang,” tutup Waher.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here