15 Pemuda Dikirim Belajar Bahasa Inggris

0
565
PEMUDA yang akan diberangkatkan ke Kota Kediri tepatnya Kecamatan Pare untuk belajar percakapan behasa Inggris foto bersama setelah pelepasan.F-ISTIMEWA

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas melalui Dinas Pariwisata dan kebudayaan, resmi melepaskan 15 pemuda dan pemudi pergi belajar percakapan Bahasa Inggris di Kampung Inggris di Desa Tulungrejo Kecamatan Pare, Kediri, Jawa Timur.

ANAMBAS – Selama tiga bulan, mereka akan serius belajar bahasa Inggris untuk mempersiapkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang andal. Sehingga, anak Anamabas mampu mengembangkan pariwisata Anambas ke depannya dengan piawai berbahasa asing.

”Kita kirim 15 pemuda yang berdomisili di Anambas, untuk belajar Bahasa Inggris di daerah Pare Kota Kediri Provinsi Jawa Timur. Persiapan SDM untuk pengembangan pariwisata Anambas lebih baik ke depannya,” kata Masyakur, selaku Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan kepada wartawan, Selasa (20/2).

Baca Juga :  Haris Bentuk Tim Verifikasi Pemukiman

Ia menjelaskan, untuk anggaran yang disediakan untuk membiayakan 15 orang tersebut sekitar Rp 94 juta dan itu sudah termasuk biaya makan, minum, pemondokan dan pendidikan selama tiga bulan.

Adapun yang diberangkatkan, pemuda yang berasal dari Kecamatan Jemaja sebanyak 5 orang dan Kecamatan Palmatak 4 orang. Selain itu, Kecamatan Siantan dua orang dan perwakilan dari dinas pariwisata satu orang serta dari dinas PTSP satu orang.

Tidak ketinggalan, pihak Dinas Perhubungan juga mengirimkan satu orang serta masyarakat Desa Tiangau satu orang. Ia menambahkan, untuk masing-masing orang yang dibiayakan membutuhkan anggaran sekitar Rp 6 juta 100 ribu per orangnya.

Baca Juga :  Disparbud Anambas Targetkan Rekor MURI

Bulan pertama mereka belajar secara tertulis, dan bulan kedua mereka langsung praktik lapangan di daerah pariwisata yakni pulau Bali dan bulan ketiga mereka dipastikan sudah siap pakai. Sementara itu, Wakil Bupati Anambas Wan Zuhendra mengatakan, hal itu dilakukan bagian dari langkah awal persiapan SDM demi kepentingan pengembangan pariwisata Anambas ke depan.

Menurutnya, SDM ini juga akan bisa dihandalkan untuk percakapan ketika turis asing tiba atau berkunjung ke Anambas. Saat ini Resort Pulau Bawah sudah mulai merekrut tenaga kerja lokal yang bisa berbahasa asing khususnya Bahasa Inggris.

Baca Juga :  Baru 50 Persen Warga Bayar PBB

”Ini langkah awal kita mempersiapkan SDM kepentingan pengembangan pariwisata ke depannya. Tidak menutup kemungkinan, tahun depan akan ada lagi pengiriman masyarakat Anambas untuk belajar Bahasa Inggris. Mereka yang lulus bahasa asing nanti bisa juga memberi ilmu kepada orang lain,” katanya.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here