15 Tahun, Pasar Ikan Tak Difungsikan

0
411
PASAR Ikan Kelarik di Kecamatan Bunguran Utara yang tidak difungsikan selama 15 tahun F-HARDIASNYAH/TANJUNGPINANG POS

Pasar Ikan Klarik yang berlokasi di Kecamatan Bunguran Utara (Bunguran Utara), hingga saat mangkrak alias tidak dipergunakan selama kurang lebih 15 tahun karena warga setempat tidak mau mempergunakannya.

NATUNA – Pasar tersebut dibangun jauh lebih dulu, dengan pembentukan Kecamatan Bunguran Utara. Tujuannya, untuk meningkatkan kesejahteraan dengan akses jual-beli ikan yang mudah.

”Pasarnya berlokasi di atas sungai, kita susah ketika bawa maupun beli ikan ke sana. Maka tak pernah ditempati,” kata Kiki, seorang Warga Desa Kelarik, Kamis (22/2).

Bangunan pasar itu, kini masih berdiri akan tetapi terbengkalai begitu saja tanpa ada pemanfaatan sebagaimana fungsi dan tujuannya dibangun.

”Kita melihat lokasinya tidak tepat, kalau pasarnya dibangun di pinggir laut atau dekat pelabuhan kami yakin pasarnya bakal bermanfaat. Tapi yang sekarang kita perlu mengeluarkan biaya dan tenaga untuk menuju pasarnya,” jelas Kiki.

Menurutnya, pemerintah semestinya mensiasati akses pasar itu sebelum dibangun Sehingga, bisa dijangkau dengan mudah oleh nelayan dan masyarakat. ”Kalau sungainya bisa dilintasi oleh pompong nelayan, mungkin pasarnya bisa difungsikan. Ketimbang bangunannya dirobohkan kan kasian,” ujarnya.

Ia berharap, pasar itu bisa segera dioperasikan karena selain kepentingan pembangunan. Sebab, keberadaan pasar itu merupakan satu-satunya pasar ikan yang ada di Desa Kelarik. ”Kami inginya bisa dioperasikan. Agar enak bagi warga dan bangunannya tidak mubazir,” harapnya.

Ini yang harus dipahami, dan dikonsep sedemikian rupa jika ingin membangun pasar. Menurutnya, pemerintah seolah tidak mengkaji lebih dulu seperti apa akses untuk menghidupkan aktivitas perekonomian pasar itu.(HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here