150 GGD Mulai Mengajar di Pesisir

0
377
MENYERAHKAN: Sekda Karimun M Firmansyah menyerahkan SK kepada GGD yang baru ditempatkan di Karimun. F-ISTIMEWA

KARIMUN – BUPATI Karimun Aunur Rafiq membagikan Surat Keputusan (SK) CPNS 157 Guru Garis Depan (GGD) di ruang serbaguna Kantor Bupati Karimun, Senin (2/10). Tidak hanya SK untuk GGD, namun 22 orang dokter juga diberikan SK SPNS.

Dengan adanya GGD tersebut, Aunur Rafiq berharap anak-anak pulau mampu menjadi anak yang berguna bagi bangsa dan negara serta berakhlak mulia.

”Hari ini SK saya berikan kepada seluruh GGD dan dokter. Mulai hari ini juga, saya titipkan anak-anak pulau kepada kalian semua,” kata Aunur Rafiq, di sela-sela penyerahan SK.

Ia menyebutkan, tahun ini Kabupaten Karimun yang merupakan daerah terluar Indonesia mendapatkan tambahan sebanyak 157 orang guru. Ratusan tenaga pendidik tersebut akan ditempatkan di sekolah-sekolah di 12 kecamatan di Kabupaten Karimun.

GGD yang diberikan SK, adalah pengangkatan dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Indonesia (Kemenpan RB).

Penempatan Guru sesuai sebagaimana diajukan Pemerintah Daerah. Hal yang sama juga berlaku di kabupaten/kota lainnya.

”Kita ajukan guru kelas yapi yang datang ada guru bidang studi. Jadi ada sebagian yang tidak sesuai. Tapi tetap kita tempatkan sesuai dengan SK mereka yang dikeluarkan oleh pusat,” kata Sudarmadi, Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Kabupaten Karimun.

Masih kata Sudarmadi, guru bersatus PNS di Kabupaten Karimun masih kurang sekitar 1.700 orang. Sedangkan, total tenaga pengajar yang terdiri sari gabungan PNS dan honorer saat ini berjumlah sekitar 3 ribu orang lebih. GGD mendapatkan SK CPNS secara nasional sebanyak 6.296 orang.

Sementara, yang ditempatkan di Kabupaten Karimun sebanyak 158 guru yang umumnya berasal dari Pulau Sumatera. Namun, satu orang diantaranya mengundurkan diri.

Rafiq menyebutkan, para GGD harus mengabdi selama 10 tahun di daerah yang telah ditentukan dan tidak bisa pindah. Ia mengharapkan, para GGD sebagai tenaga pendidik dapat melakukan pengabdian kepada masyarakat sebagaimana strata pendidikan.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here