16 Mrs Negara Asing Ikuti Karnaval Batam

0
1019
Salah satu peserta karnaval di Tanjungpinang, belum lama ini. f-mazpram/humas pemprov kepri

BATAM – Untuk mempromosikan Batam dan menarik wisman masuk Batam, Badan Pengusahaan (BP) Batam akan menggelar event besar-besaran menjelang akhir tahun ini.

Agenda yang dikemas dengan nama Badan Pengusahaan (BP) Batam International Culture Carnaval tersebut akan digelar, 16 Desember dengan menghadirkan peserta-peserta dari sembilan negara tetangga.

Selain itu, Mrs negara tetangga akan ikut serta menyemarakkan karnaval tersebut. Karnaval akan berlangsung di kawasan pusat bisnis Batam, di Nagoya.

Menurut Ketua Panitia BP Batam International Culture Carnival, Tri Novianta, para peserta dari luar negeri dihadirkan bekerjasama dengan Asosiasi Karnaval Indonesia (AKARI) Provinsi Kepri. ”Kita menghadirkan peserta dari mancanegara,” katanya, Senin (11/12).

Peserta dari negara tetangga yang akan hadir adalah, dari Singapura, Malaysia, Thailand, Philippines, Myanmar, India, Jepang, New Zealand dan Jagannatha Rathra Yathra (Singapore-Malaysia). ”Akan ada penampilan 16 Mrs International dari negara-negara itu,” jelasnya.

Sementara Direktur Promosi dan Humas BP Batam, Purnomo Andiantono mengatakan kegiatan berlangsung dalam peringatan Hari Jadi Batam. Karnaval itu merupakan festival budaya berskala internasional yang bertemakan BP Batam International Culture Carnival 2017.

”Festival ini kami selenggarakan memang bertujuan untuk memperingati ulang tahun Kota Batam yang ke-188. Selain untuk menggairahkan ekonomi diharapkan dapat menarik turis asing di akhir tahun ini,” kata Andi.

Festival tersebut akan diisi oleh kegiatan budaya dari seluruh nusantara, konsepnya mirip dengan festival budaya yang digelar di Jember, Jawa Timur, selama ini.

Tidak hanya akan diisi oleh seniman nusantara saja tapi juga mancanegara. Adapun parade karnaval yang ditampilkan diantaranya parade karnaval Sangsapurba, Tepak Sirih, Regalia atau Cogan, Makyong, Jong, Seafood Paradise dan parade kesenian nusantara. Kemudian juga akan dimeriahkan oleh kesenian modern, seperti fire juggling, tarian api, tarian Brazil, Belly Dance, kontes body painting, kompetisi bartender, Batam Guitar Family, BBDC Bassline, BJS Big Band, Erio Hutomo, Yemercy, Beungeud, Batam Hip Hop, 3D Mapping, Road Root dan Senja Jingga.

Selain itu juga diisi tari-tarian seperti Ogoh-Ogoh Bali, Topeng Ireng Magelang, Tor-Tor Sumatera Utara, Ondel Ondel Betawi, Tempurung Sumatera Barat, Dayak, Bugis, Gending Sriwijaya dan Papua. Acara ini juga akan dihiasi performa dari Iyeth Bustami, DJ Maria Potapova dari Rusia, Marching Band Bahana Barelang dan Art Weart Fashion parade kain nusantara.

Sementara Pemko Batam menggelar karnaval seni, budaya dan tarian Melayu serta berbagai etnis dan paguyuban se-Kota Batam.

Hari puncak ini juga dimeriahkan semarak Fashion Karnaval seperti Fashion Artchipelagic Carnaval yang mengangkat tema Batam dan Kepri. Karnaval mengambil start di Depan Hotel Sidney Sungai Panas-Bundaran Madani dan finish di Dataran Engku Putri. Selama satu hari penuh diisi kegiatan. Dilanjutkan dengan live performance dari artis lokal dan seni budaya nusantara. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here