18 Jaksa Pengawas Proyek Dilantik

0
159
Pelantikan Tim Pengawal pengamanan Pembangunan dan Pemerintah Daerah (TP4D), Senin (4/6). f-raymon/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Kejaksaan Tinggi Kepri kembali melantik Tim Pengawal Pengamanan Pembangunan dan Pemerintah Daerah (TP4D). TP4D bertugas untuk mengawal dan mengawasi pembangunan proyek yang bersumber dana negara, baik APBN maupun APBD.

Kepala Kejati Kepri Asri Agung Putra mengatakan, pengambilan sumpah anggota tim TP4D, hal ini dilakukan untuk mengawal sekaligus upaya penekanan jumlah tindak pidana korupsi dalam penyerapan dan penggunaan anggaran yang tersedia, baik melalui pemerintah pusat maupun pemerintah daerah.

”Sebelumnya TP4D sudah ada, namun ada yang pindah dinas maka kita bentuk lagi tim sebanyak 18 orang,” katanya Senin (4/6).

Menurutnya, upaya pencegahan terjadinya tindak pidana korupsi di instansi pemerintah melalui dukungan secara terencana dan sunggug-sungguh, agar upaya pencegahan tindak pidana korupsi yang dilakukan pihak kejaksaan dapat berlangsung efektif dan optimal.

Diterangkan, TP4D di Kejati Kepri memiliki tugas dan fungsi berupa, mengawal, mengumumkan dan mendukung keberhasilan jalannya pemerintahan serta pembangunan melalui upaya pencegahan prefentif, termasuk persuasif di seluruh wilayah ini.

”Tugas TP4D ini nantinya akan memberikan penerangan hukum di lingkungan pemerintah BUMN, BUMD dan pihak lain terkait, perencanaan, pelelangan, adimistrasi dan tertip pengelolaan keuangan,” sebutnya.

Tugas TP4D lainnya berupa memberikan pendampingan hukum dalam setiap tahapan program pembangunan awal sampai akhir, berupa pembahasan hukum dari sisi penetapan regulasi, peraturan perundangan, mekanisme serta prosedur dengan pejabat pengelola anggaran atas permasalahan yang dihadapi dalam hal penyerapan anggaran.

”Melakukan koordinasi dengan aparat pengawasan intern pemerintah untuk mencegah terjadinya penyimpangan yang berpotensi menghambat, menggagalkan maupun menimbulkan kerugian bagi keuangan negara,” ucapnya.

Lanjutnya, proyek yang didampingi diantaranya pembangunan Gurindam XII, Gubernur Kepri telah meminta kepada kita untuk mengawal pembangun ini. ”Pembangunan pembangunan lainnya tetap di kita dampingi,” ujarnya.

Sekda Provinsi Kepri Arif Fadillah menuturkan, kita bekerja sama dengan tim TP4D dalam mengawal proses pembangunan yang ada di Kepri. Sebelum melakukan pekerjaan kita sudah meminta pendampingan. Lanjutnya, kita yakin dua atau tiga tahun ke depan Provinsi Kepri ini lebih maju. ”Kejaksaan membantu pembangunan provinsi Kepri dan membantu pertumbuhan ekonomi di Kepri,” pungkasnya. (ray)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here