18 PKB dan PLKB Jadi Pegawai Pusat

0
699
Teken berkas: Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah menandatangani berita acara serah terima PKB dan PLKB. F-istimewa

TANJUNGPINANG – Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah menandatangani Berita Acara Serah Terima (BAST) Penyuluh Keluarga Berencana (PKB) dan Petugas Lapangan Keluarga Berencana (PLKB) Kota Tanjungpinang ke BKKBN Pusat. Untuk Kota Tanjungpinang, sebanyak 18 orang petugas PKB dan PLKB menjadi pegawai BKKBN pusat.

Penandatangan dilakukan bersama Sekretaris Utama BKKBN RI, Nofrizal, SPMA dengan pejabat Kabupaten/Kota se-Provinsi Kepri yang berlangsung di Ballroom Hotel CK Tanjungpinang, Senin (31/7) pagi tadi. PKB dan PLKB bertugas memotivasi dan menggerakan masyarakat tentang program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga, sekaligus dapat mengalihkan tugas-tugas pelaksanaan kepada masyarakat, yang merupakan salah satu mitra kerja.

Peran fasilitator dapat memfasilitasi berbagai kebutuhan program, mampu menggali kebutuhan masyarakat sebagai suatu strategi pelaksanaan program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga. Peran sebagai penggerak, yaitu mengajak, mengkoordinasikan dan meningkatkan partisipasi dalam masyarakat. Peran sebagai motivator, dalam hal ini harus mampu memberikan motivasi dan dorongan tentang program Kependudukan, KB dan Pembangunan Keluarga kepada masyarakat secara terbuka sehingga masyarakat secara sukarela menerima ide program.

Untuk menjalankan peran-peran tersebut maka petugas lapangan KB selaku pelaksana Program Kependudukan, Keluarga Berencana Pembangunan Keluarga (KKBPK) ditingkat harus memiliki kemampuan managerial yang memadai. Aspek managerial meliputi perencanaan, pengorganisasian, pencatatan, dan pelaporan sampai pada tahap pemantauan dan evaluasi dalam suatu kegiatan yang saling terkait dan berkesinambungan.

Prosesi penandatanganan dan penyerahan SK Pokja disaksikan oleh Ketua DPRD Provinsi Kepri, Asisten III Pemrov Kepri, Ketua DPRD Kota Tanjungpinang, Asisten I Pemko Tanjungpinang, Kepala Dinas P3A dan Penmas, Kepala BPK SDM, Kepala Dinas Kesehatan PP dan KB Kota Tanjungpinang, serta sejumlah pejabat Kabupaten dan Kota se-Provinsi Kepri.

Sekretaris Utama BKKBN RI, Nofrizal SPMA mengatakan penandatanganan berita acara serah terima PKB dan PLKB dilakukan secara nasional. Diperkirakan ada 15.458 personel penyuluh dan petugas KB di seluruh pemerintah daerah dialihkan menjadi pegawai BKKBN pusat. Dia menjelaskan, melaksanakan tugas di BKKBN 1 Januari 2018, segala hak-hak PKB/PLKB, maka sebelum waktu itu, maka segala urusan keuangan maupun kepegawaian masih menjadi kewajiban Pemda sampai dengan 31 Desember 2017 mendatang.

Sedangkan untuk sarana, tidak diserahkan, tetap menjadi aset pemerintah kabupaten-kota. Nofrizal berharap seluruh personel PKB dan PLKB di seluruh nusantara bisa tetap menjalankan program kependudukan yang selama ini sudah berjalan guna meningkatkan kualitas anak bangsa,” pungkasnya. Seusai penandatanganan BAST, acara dilanjutkan dengan rapat KKBKP. Sebelum melanjutkan agenda kerjanya. (dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here