18 Prajurit Lanal Ranai Naik Pangkat

0
198
DANLANAL Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E saat memasangkan pangkat baru kepada prajurit yang dinaikkan pangkatnya pada upacara kenaikan pangkat, Senin (1/4) di Mako Lanal Ranai. F-Istimewa

NATUNA – Komandan Pangkalan TNI AL Ranai, Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. memimpin upacara kenaikan pangkat 18 Prajurit TNI AL yang berlangsung di lapangan apel Mako Lanal Ranai, Senin (1/4).

Ke 18 prajurit tersebut diantaranya, 13 orang dari Lanal Ranai dan 5 prajurit dari Komposit Marinir Stengar.

Kolonel Laut (P) Harry Setyawan yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Komandan Kapal Selam KRI Nagapasa 403 pertama itu mengatakan, dalam kedinasan militer kenaikan pangkat merupakan penghargaan dan kehormatan atas prestasi, kerja keras serta dedikasi yang telah ditunjukan oleh para prajurit dalam melaksanakan tugas maupun pengabdiannya kepada bangsa dan negara.

Oleh karena itu sebut Danlanal  kenaikan pangkat ini wajib disyukuri dengan hati yang tulus.

“Kenaikan pangkat ini merupakan sebuah anugerah, sekaligus sebagai sebuah tantangan yang menuntut semakin meningkatnya kedewasaan dalam berpikir, bersikap dan berbuat sesuai dengan tugas dan tanggung jawabnya masing-masing,” paparnya.

Kolonel Laut (P) Harry Setyawan menambahkan, agar setiap prajurit yang naik pangkat dapat menjalankan kepercayaan dan amanah tersebut dengan sebaik-baiknya.

Selain itu, setiap prajurit diharapkan untuk terus meningkatkan kinerja secara optimal untuk memajukan organisasi TNI AL khususnya di Lanal Ranai dan Kompi Komposit Mainir.

“Sebagai suatu kepercayaan, kenaikan pangkat ini menuntut kepada setiap prajurit untuk mempertaruhkan semua kemampuan yang dimiliki untuk kepentingan dinas atau satuan. Supaya dapat melaksanakan yang terbaik, selaras dengan pangkat dan jabatan yang disandangnya,” tambah Harry.

Komandan Lanal Ranai itu, juga menyebutkan bahwa kenaikan pangkat satu tingkat merupakan salah satu kesejahteraan bagi setiap ptajurit.

Kemudian, Harry menegaskan, kenaikan pangkat bukan merupakan suatu hadiah melainkan suatu keprcayaan dari pimpinan TNI, bangsa dan negara dan juga merupakan suatu amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa.

“Kenaikan pangkat seperti ini bukan merupakan suatu hadiah, melainkan suatu keprcayaan dari pimpinan TNI, Bangsa dan Negara dan juga merupakan suatu amanah dari Tuhan Yang Maha Kuasa. Maka dari itu, dituntut kepada setiap prajurit untuk mempertaruhkan semua kemampuan yang dimiliki untuk kepentingan dinas atau satuan yang terbaik dan sesua jabatan yang disandangnya,” jelasnya.

Ia juga berpesan, kepada prajurit yang diberikan tanggung jawab dapat dilaksanakan dengan baik sebagai perwujudan prajurit profesional.

Menurutnya, prajurit harus mampu mengimbangi tuntutan tugas dengan sikap dan perilaku yang lebih baik bermakna di lingkungan tugas dan lingkungan sekitar.

“Ini diperoleh tidak mudah, melainkan harus diperjuangkan dengan memenuhi kriteria persyaratan yang ada yaitu secara administrasi, kesamaptaan yang baik serta penilaian atasan terhadap sikap serta kinerja personel tersebut sehari-hari,” harapnya.

TRADISI Voordebog dan penyiraman air kembang oleh Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. terhadap 18 prajurit yang naik pangkat. F-Istimewa

Upacara kenaikan pangkat prajurit Lanal Ranai dan Kompi Komposit Marinir diwarnai dengan Tradisi Voordebog dan penyiraman air kembang oleh Komandan Lanal Ranai Kolonel Laut (P) Harry Setyawan, S.E. terhadap 18 prajurit. (hrd/abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here