180 Penegak Ikuti Kemah Cagar Budaya 2018

0
71
WAKIL Bupati Bintan H Dalmasri Syam selaku Kakwarcab Bintan, bertukar cendera mata dengan Nurmatias, Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat, kemarin. F-jendaras/TANJUNGPINANG POS

BINTAN – Sebanyak 180 orang anggota Pramuka tingkatan penegak, mengikuti rangkaian Kemah Cagar Budaya 2018, di bumi perkembahan Kwarcab Bintan, di Tembeling Tanjung, Jumat (11/5) kemarin, sampai dengan, Minggu (13/5) besok. Peserta yang berasal dari siswa SMA se-Kabupaten Bintan ini akan mengunjugi beberapa lokasi cagar budaya di Bintan.

Wakil Bupati Bintan Dalmasri Syam selaku Ketua Kwartir Cabang (Kwarcab) Pramuka Kabupaten Bintan mengatakan, pihaknya menyambut baik kegiatan tersebut. Kemah Cagar Budaya ini menjadi edukasi bagi siswa sebagai Pramuka sejati, dan meningkatkan kepedulian terhadap pelestarian cagar budaya.

”Jadi, ini tidak sekedar berkemah saja. Namun ada edukasi yang penting yang terangkum di dalamnya. Bintan sangat banyak peninggalan bersejarah, yang tentunya perlu dikaji lebih dalam lagi,” katanya.

Nurmatias Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya Sumatera Barat menyampaikan, pihaknya memilih Bintan untuk Kemah Cagar Budaya ini, melalui riset yang sudah dilakukan. Sebagai tanah Melayu, Bintan merupakan yang paling banyak peninggalan bersejarahnya.

”Kami akan mengajak seluruh peserta untuk mengikuti rangkaian kegiatan ini. Dan kami juga akan menggali nilai-nilai yang ada,” jelasnya.

Diharapkannya, Kemah Cagar Budaya ini akan menjadi landasan untuk melaksanakan Kemah Serumpun, yang akan dilaksanakan di Kepri, pada tahun 2020 mendatang. (aan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here