Cuaca Membaik, Nelayan Mulai Melaut

0
379
Pasar: Suasana pasar ikan di Siantan, Anambas. F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Sejumlah nelayan di Kabupaten Kepulauan Anambas mulai melaut sejak keadaan gelombang mulai membaik. Aktivitas jual beli ikan yang berada di pasar ikan Siantan mulai normal. Di Anambas hampir 70 persen masyarakatnya bermata pencarian sebagai nelayan.

”Sejumlah nelayan sudah mulai melaut sejak kemarin karena cuaca sudah membaik dan gelombang laut sudah tidak bessar lagi. Tapi belum semua nelayan yang melaut, akrena amsih ada sebagian yang masih merampungkan kebunnya,” ungkap Hardi, seorang nelayan kepada Tanjungpinang Pos, Senin (20/2).

Menurutnya, sebagian nelayan ada yang beralih profesi semantara saat gelombang sedang kuat. Namun, sebagian nelayan lagi ada yang menjadi pengangguran selama cuaca kurang bak dan hanya mengandalkan tabungan yang diperoleh selama 8 bulan mencari ikan.

”Jelang musim utara tiba, saya sudah menabung sebagian dari penghasilan yang didapatkan selama 8 bulan melaut. Jika tidak saya akan kebingungan mencari uang ketika angin kencang dan gelombang tinggi,” ungkapnya.

Setiap tahun, hal ini dirasakan oleh nelayan. Hal ini tidak bisa terelakan. Diakuinya ada sebagian nelayan yang kebingungan saat musim utara datang. Bahkan ada yang nekat melaut meski ombak tinggi.

Diakuinya, mencari ikan saat ombak sedang besar hasilnya memang menggiurkan. namun, resikonya terlalu tinggi dan mengancam nyawa para nelayan.

”Saya tidak berani melaut ketika musim utara tiba, memang ikan ketika itu cukup mudah mendapatkannya,” sebutnya.(INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here