184 Miliar Tunggakan 477 NOP di Batam

0
30
Perumahan di Batam salah satu target pajak yang diincar oleh Pemko Batam. Selain itu resort dan bangunan lainnya yang terus tumbuh di Batam. F- batam pos

Sebanyak 477 nomor objek pajak (NOP) di Batam, ditargetkan terverifikasi. Nilai tunggakan dari 477 itu, ada sekitar 184 miliar. Sementara yang sudah terverifikasi, baru sekitar 164 NOP. Ditargetkan, hingga akhir tahun NOP yang belum tertagih akan ditemukan dan membayar kewajibannya.

BATAM – Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BP2RD) Kota Batam, Raja Azmansyah, Rabu (10/10) mengatakan, untuk mengejar target itu, pihaknya melakukan penelusuran terhadap 477 NOP tadi. ”Kita bekerjasama dengan BPKP untuk melakukan penulusuran terhadap 477 NOP. Nominal tunggakan pajak itu mencapai Rp184 miliar,” kata Azmansyah.

Disebutkan, tim penagihan BP2RD Batam bersama BPKP melakukan verifikasi data piutang Pajak Bumi dan Bangunan Perdesaan dan Perkotaan (PBB-P2) ke wajib pajak (WP). Verifikasi data piutang untuk memverifikasi data piutang PBB sekaligus melakukan penagihan aktif kepada wajib pajak. Adapun yang sudah disurvei berjumlah 164 NOP.

”Usaha yang didatangi untuk verifikasi dan penagihan,” sebut dia.

Dimana, resort, perusahaan-perusahaan yang memiliki taman dan bangunan luas juga menjadi target mereka. ”Untuk total secara keseluruhan belum bisa tahu persis. Belum bisa kita hitung karena dari hasil tim turun, wajib pajak bersedia membayar jika memang itu tunggakannya,” katanya.

Dikatakan 10 kategori yang ditetapkan BP2RD yakni yang sudah membayar pajak berjumlah empat NOP, objek pajak ganda 12 NOP, objek pajak yang sudah beralih fungsi menjadi fasilitas umum atau fasilitas sosial tiga NOP, objek pajak tak ditemukan 24 NOP, perubahan kepemilikan 16 NOP dan yang belum membayar 50 NOP.

”18 NOP lain dikategorikan induk sudah pecah. Ada juga wajib pajak yang mengalami musibah. Mereka melakukan pendekatan dengan cara melakukan cicilan berjumlah 5 NOP,” katanya.

Disebutkan, verifikasi data piutang dilakukan secara bertahap dan akan dilanjutkan di tahun depan. Sementara itu wajib pajak yang sudah membayar sampai hari ini berjumlah 13 NOB dengan nominalnya mencapai Rp1 miliar.

”Ke depan kita berencana menyiapkan instrumen untuk regulasi insentif. Tahun ini kita targetkan selesai 477 NOP, yang sudah terverifikasi baru 164 NOP,” imbuhnya. (MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here