19 Event Bisa Datangkan 350 Ribu Turis

0
631
TALKSHOW: Bupati Bintan H Apri Sujadi, Kadispar Bintan Luki Zaima, Esthy Reko Astuti dari Deputi Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Kemenpar RI berfoto di stasiun televisi swasta nasional, usai ekspos program pariwisata dan talkshow cross border. F-ISTIMEWA

Bupati Bintan Diundang Talkshow Cross Border

BINTAN – PEMKAB Bintan melaksanakan 19 event pariwisata, selama tahun 2017. Dari 19 event internasional dan nasional itu, Bintan bisa mendatangkan sekitar 350 ribu orang turis mancanegara.

Dari data Oktober 2017, turis yang masuk ke Bintan mencapai 295.751 turis, dari pelabuhan Tanjunguban dan Bandar Bentan Telani Lagoi. Jumlah itu belum termasuk kunjungan turis asing dari pintu masuk Tanjungpinang. Sampai momen penyambutan Tahun Baru 2018, kunjungan turis bisa mencapai 350 ribu orang. Jumlah itu di luar kunjungan wisatawan nusantara (wisnus) atau dalam negeri. Kunjungan turis asing tersebut, melebih target yang ditetapkan Menpar RI, sebanyak 300 ribu turis asing, pada awal tahun lalu.

Peningkatan kunjungan turis ini pula, yang menjadi satu kehormatan bagi Bupati Bintan H Apri Sujadi, bersama Deputi Bidang Pengembangan dan Pemasaran Pariwisata Nusantara Esthy Reko Astuti, menjadi narasumber pada program talkshow coffee break di salah satu stasiun televisi swasta nasional (TV One), Rabu (13/12) pagi kemarin. Acara ini dipandu oleh Addri Danu dan Rosalin, dengan mengusung tema wisata Cross Border 2018 Bintan.

Dalam siaran tersebut, Bupati Bintan H Apri Sujadi menguraikan destinasi wisata yang ada di Bintan. Bupati menyatakan Pemkab Bintan sangat serius untuk melakukan berbagai upaya, dalam mengembangkan sektor pariwisata yang ada di Bintan. Dukungan dari semua pihak menjadi perihal utama penggerak kemajuan wisata Bintan.

”Kemenpar pun sampai saat ini sangat besar memberikan perhatiannya, untuk potensi wisata di Bintan. Ke depannya kita akan terus menjalin koordinasi dalam menciptakan berbagai event dan inovasi pariwisata,” jelas H Apri Sujadi.

Kunjungan wisatawan di Kabupaten Bintan yang meningkat signifikan. Bahkan beberapa persen melebihi target. Itu menjadi bukti nyata pesona dan daya tarik wisata Bintan yang saat ini mulai dilirik dunia.

”Ada 19 event wisata yang kami gelar, selama tahun 2017. Dari 19 event itu, bisa mendatangkan 350 ribu turis, sampai akhir tahun nanti,” kata H Apri Sujadi saat dihubungi Tanjungpinang Pos, kemarin.

19 event yang digelar itu antara lain Chinese New Year Festival, Tour de Bintan, Bintan Triathlon, Ironman 70.3 Bintan, Bintan Golf Challenge, Bintan Moon Run dan Spartan Race Bintan dan beberapa event wisata lainnya.

”Event itu dilaksanakan dari bulan Januari sampai dengan pesta kembang api akhir Desember nanti,” sambung bupati.

Esthy sendiri menyebutkan Bintan memiliki potensi wisata yang sangat besar. Potensi itu bisa mendatangkan turis secara maksimal, jika pusat dan pemerintah daerah saling bersinergi dalam pengembangannya.

Kepala Dinas Pariwisata Bintan Luki Zaiman Prawira menuturkan, program talkshow semacam ini sangat inspiratif dan bermanfaat. Pasalnya, secara tidak langsung, para penonton siaran ini juga sekaligus menjadi ajang promosi daerah.

”Ini upaya kita bersama Kemenpar RI, dalam mempromosikan wisata di Bintan,” kata Luki.(YUSFREYENDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here