19 Mahasiswa Lulus Sertifikasi Selam

0
671
PERSIAPAN SELAM: Mahasiswai FIKP UMRAH saat persiapan menyelam di Pulau Beralas Pasir, belum lama ini. F-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Sejumlah mahasiswa dan mahasiswi dari Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan Universitas Maritim Raja Ali Haji (FIKP-UMRAH) mengikuti sertifikasi selam, pekan lalu.

Kegiatan sertifikasi selam dilaksanakan di Pulau Beralas Pasir, Kecamatan Gunung Kijang, Bintan selama lima hari dan berakhir pada Sabtu (25/11).

Sebanyak 19 peserta yang ikut dinyatakan lulus dan menerima sertifikat selam. Salah satu peserta sertifikasi selam Fikar mengatakan, sebelum melakukan ujian sertifikasi selam di laut, peserta terlebih dahulu mengikuti proses latihan di kolam air tawar di Hotel Bali Tanjungpinang.

Latihan di kolam air tawar, dimulai sejak Selasa hingga Kamis (23/11). Tujuan latihan itu, agar mahasiswa mengerti dan menguasai tahapan serta mengenal perangkat bantu selam.

Dengan adanya sertifikasi ini, lanjut Fikar, mahasiswa yang ambil bagian menjadi lebih paham menguasai teknik-teknik selam pada umumnya. Sertifikasi menurutnya sangat penting, ini membuktikan seseorang memiliki keahlian dalam bidangnya.

Ini tidak mudah, perlu proses panjang yaitulatihan dan mengikuti serangkaian tes sesuai dengan ketentuan yang berlaku. Bahkan sertifikat juga menjadi penunjang saat melamar suatu pekerjaan di bidang Perikanan dan Kelautan.

Kegiatan selam tersebut juga dimanfaatkan mahasiswa melakukan penelitian biota laut, yang mendukung proses penelitian akademik perkuliahan. ”Khususnya bagi mahasiswa di semester tujuh,” ungkap Fikar.

Ia menambahkan, dengan memiliki kemampuan selam maka sangat membantu untuk melaksanakan penelitian terumbu karang. Kegiatan itu, bekerja sama dengan Persatuan Olahraga Selam Indonesia (Possi) Tanjungpinang. ”Untuk sertifikasi selam yang mengurusnya pihak kampus,” singkat Fikar. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here