2.000 Sertifikat Tanah Dibagikan

0
133
BUPATI dan Wakil Bupati Anambas dan Kepala BPN Anambas dan sejumlah perwakilan dari masyarakat saat serah terima sertifikat tanah kepada warga. f-istimewa
Badan Pertanahan Nasional (BPN) Kabupaten Kepulauan Anambas telah membagikan sertifikat tanah kepada 2 ribu pemilik tanah di Kecamatan Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas.

ANAMBAS – Kegiatan dilaksanakan, di Aula Kantor Camat Jemaja, Selasa (5/3). Menurut Kepala BPN Anambas Subandi mengatakan, bahwa program ini berdasarkan dengan program Pemerintah Pusat secara nasional sejak tahun 2018 sebanyak 7 juta sertifikat.

Namun, untuk di Kabupaten Kepulauan Anambas akan dibagikan 5.400 sertifikat kepada pemilik tanah.

”Hari ini kita mulai dari Kecamatan Jemaja sebanyak 2.000 sertifikat, yang kita bagikan yang dilakukan oleh Bupati Kepulauan Anambas,” kata Subandi, selaku Kepala BPN Anambas ketika dihubungi, Selasa (5/3).

Ia juga mengatakan, untuk kecamatan lainnya akan dilaksanakan setelah selesai seluruh persyaratan yang ditentukan.

Adapun syarat untuk mendapatkan sertifikat, pemilik tanah harus menyiapkan surat tanah, Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) dan Bukti Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) yang telah memiliki.

”Kami akan bergerak di kecamatan lain, setelah pembagian sertifikat di Kecamatan Jemaja. Nanti di Kecamatan Palmatak dan selanjutnya di Kecamatan Siantan,” terang dia.

Tambahnya, perlu diketahui dari sejak pengukuran tanah hingga memperoleh sertifikat tidak ada dikenakan biaya apapun alias gratis.

Jika ada pungutan terkait hal ini, maka segera dilaporkan ke pihaknya.

”Sertifikat ini gratis sejak dari pengukuran tanah. Jika lengkap akan segera diproses sertifikatnya,” ucap dia.

Sedangkan Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris SH mengatakan, kegiatan ini sangat baik dan cukup membantu masyarakat Anambas pada umumnya untuk memperoleh sertifikat.

Ia juga menambahkan, kepada masyarakat Kecamatan Jemaja agar dapat memanfaatkan sertifikat yang diberikan dengan baik.

”Bagi masyarakat yang belum mengambil sertifikat, agar dapat berkoordinasi dengan pihak pemerintah desa dan pihak kelurahan setempat. Program ini sangat baik,” tutur dia. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here