2.060 Wisman Tunda Balik ke Singapura

0
599
Ribuan turis Singapura dan Malaysia memadati Pelabuhan Internasional Batamcenter saat hendak pulang ke negaranya, Minggu (19/2) malam.f-martua/tanjungpinang pos

Sekitar 2.060 orang wisman membatalkan kepulangannya ke Singapura dan Malaysia, Minggu (18/2). Pada hari itu, sebanyak 13.175 orang wisman yang melakukan boarding pass hingga pukul 20.00 WIB.

BATAM – Hal itu diungkapkan Kepala Kantor Imigrasi Batam, Agung Lucky, Senin (19/2) di Batam. Dijelaskannya, laporan itu diperolah dari pantauan arus balik Imlek di Pelabuhan Batam Centre.

”Pantauan arus balik Imlek di Pelabuhan Batam Centre yang melakukan boarding 13.175, check in 2.933 orang, cancel 2.060. Tidak tahu alasannya. Tapi cancel itu kelihatan dari boarding pass,” ungkap Lucky.

Dibeberkannya, untuk Pelabuhan Harbour Bay, penumpang berjumlah 4.683 orang. Sementara di Pelabuhan Sekupang berjumlah 4.106 orang. ”Kita juga kewalahan karena padatnya penumpang yang balik. Sampai kita tambah bantuan personel dari kantor sejumlah 20 anggota,” jelasnya.

Baca Juga :  SBG Bangun Ruko di Kawasan Terminal Bincen

Kepadatan arus balik dari Batam ke Singapura dan Malaysia, diakui Agung menyebabkan petugas harus bergiliran per dua jam. ”Petugasnya sudah memadai jumlahnya, tapi konternya kurang, karena penumpang yang banyak,” sambung Lucky.

Dalam memberikan pelayanan di keimigrasian di tiga pelabuhan internasional di Batam, Imigrasi mengakui petugas sudah standby sejak pukul 05.00 WIB. ”Karena memang kita perkirakan arus kedatangan dan balik akan padat. Kami bertugas mulai jam 05 pagi sampai 22 malam,” imbuhnya mengakhiri.

Momen perayaan Imlek yang jatuh pada hari, Kamis (15/2) dan berdekatan dengan akhir pekan, dimanfaatkan warga negara Singapura dan Malaysia untuk berlibur ke Batam.

Baca Juga :  Bupati Optimis PAD Meningkat

Tidak hanya wisman, wisatawan dari dalam negeri juga banyak melancong ke negeri tetangga. Bahkan operator feri harus menambah jadwal hingga pukul 23.00 WIB demi mengangkut penumpang.

Manager Operasional Terminal Ferry Internasional Batam Centre, Nika Astaga, mengatakan, pihak fer melakukan penambahan 12 tambahan trip. ”Kalau tidak ada penambahan trip, banyak yang tidak terangkut. Makanya pas Jumat, trip kapal sampai pukul 23.00 WIB,” katanya.

Kepadatan kedatangan dari Singapura dan keberangkatan dari Batam, akan mengalami puncak, Minggu sore hingga malam. ”Biasanya Senin sampai siang juga masih ramai, tapi seperti Minggu. Itu biasanya karena malas berdesakan pas Minggu,” bebernya.

Baca Juga :  Tak Pernah Melaut, Tapi Dapat Bantuan

Tingginya kunjungan wisman di Batam, diakui Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Batam, Mansyur. Menurutnya, jumlah kunjungan meningkat dibanding tahun lalu, karena waktunya yang berdekatan dengan liburan akhir pekan. Akibatnya, jumlah kamar banyak yang terisi di Batam.(MARTUA BUTAR-BUTAR)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here