2.815 Orang Mudik Gratis

0
334
GUBERNUR Kepri H Nurdin Basirun bergabung dengan penumpang saat melepas warga yang mudik gratis serta meninjau kondisi KM Kelud di Pelabuhan Batuampar Batam, Sabtu (9/6). f-istimewa/humas pemprov kepri

BATAM – Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Wali Kota Batam HM Rudi meninjau arus mudik di Pelabuhan Batuampar, Batam, Sabtu (9/6). Nurdin kemudian memberangkatkan sebanyak 1.650 orang pemudik gratis pada trip pertama menggunakan kapal Pelni. Direncanakan, tahap II pemudik gratis akan dilepas sisanya, hingga total yang mudik gratis 2.815 orang.

Pelepasan arus mudik dilakukan di Pelabuhan Batuampar dengan dihadiri pimpinan Pelindo I dan Jasa Raharja. Ribuan warga yang memadati pelabuhan Batuampar terlihat antusias mengikuti program Presiden Joko Widodo, melalui BUMN-BUMN itu. Sebelum pelepasan keberangkatan, Nurdin sempat melakukan dialog dengan mendatangi para pemudik.

Untuk memberikan hiburan bagi pemudik, Nurdin juga sempat memberikan uang kepada beberapa warga. Warga yang mendapat hadiah, mereka yang menjawab pertanyaan Nurdin. Termasuk diantara mereka ada anak-anak yatim yang berkesempatan juga mendapat bantuan dana dari BUMN.

Pemudik yang diberangkatkan dari Pelabuhan Batuampar itu tujuan Belawan, Sumatera Utara. Dimana, sesampainya di Belawan, para pemudik akan mendapat angkutan gratis ke kampung halamannya di daerah tertentu yang ditetapkan panitia.

”Saya senang, karena para peserta merasa senang dapat kembali ke kampung halamannya tanpa harus mengeluarkan biaya,” kata Nurdin.

Nurdin mengucapkan terima kasih kepada Pelindo I, BP Batam, Polda Kepri, Jasa Raharja dan pihak lain yang membantu pemudik. Kerja sama dalam arus mudik disebutkan sebagai sinergitas pengamanan mudik lebaran tahun 2018. ”Ini sinergi BUMN dan pemerintah. Memberikan bantuan untuk saudara kita,” katanya.

Pada kesempatan itu, Nurdin juga meminta agar penumpang tidak membuang sampah di laut. Diingatkan agar penumpang menjaga dan mendukung kenayamanan laut. ”Keselamatan pelayaran dan kenyamanan penting. Jangan merokok di tempat yang dilarang. Jangan membuang sampah di laut. Ini anugerah laut yang kita harus jaga. Di kapal tentu sudah disiapkan sampah,” sambung Nurdin.

Sementara Senior Manager Pelayanan Kapal dan Barang Pelindo I, Mardiofi mengatakan, secara nasional, mudik gratis kepada 200 ribu orang. Dari Batam ke Sumatera Utara berjumlah 2.815 orang.

”Kami harap, program ini dapat membantu masyarakat dalam menjalin silaturahim dengan keluarga dan saudara-saudaranya di momen Idul Fitri,” harap Mardiofi.

Diingatkan agar pemumpang arus mudik, sesampainya di pelabuhan, menggunakan angkutan gratis ke kampung halamannya. Dengan demikian, warga akan lebih hemat saat pulang. ”Kami juga menyediakan angkutan dari belawan ke tujuan akhir. Seperti Tapsel, Banda Aceh,” ungkapnya.

Disebutkan, selain keberangkatan hari itu, akan diberangkatkan juga penumpang tahap II pada, Senin (11/6). Tahun depan diharapkan jumlah alokasi untuk mudik gratis semakin banyak. ”Tahun depan semoga semakin banyak. Dan kita harapkan, gratis tida hanya pergi tapi pulang juga. Itu kalau keuangan koorporasi membaik,” harap dia mengakhiri.

Nurdin Basirun mengatakan, pemerintah terus berusaha untuk membuat masyarakat aman, nyaman, dan damai dalam menjalankan ibadah Ramadan dan Idul Fitri. Segala pelayanan untuk masyarakat harus terus ditingkatkan. ”Kita layani masyarakat sebaik mungkin,” kata Nurdin saat melepas peserta mudik gratis di Pelabuhan Batu Ampar, Batam, Sabtu (9/6).

Lebih dari dua ribu masyarakat Kepri bertolak ke kampung asal untuk berlebaran memanfaatkan fasilitas gratis ini. Ada dua gelombang keberangkatan yaitu 9 dan 11 Juni.

Nurdin berterima kasih kepada BUMN yang memfasilitasi masyarakat untuk mudik dengan gratis di musim Lebaran ini. Program-progam yang membantu meringankan masyarakat harus diapresiasi. Dia berharap usaha yang lain pun bisa mengikuti jejak seperti ini ke depannya.

Nurdin tampak senang bertemu dan mengantar para calon penumpang KM Kelud yang berangkat menuju Belawan ini. ”Jangan lama lama di kampung, cepat balik lagi ya. Sampaikan salam saya untuk sanak saudara di kampung halaman,” kata Nurdin.

Nurdin juga berterimakasih juga pada seluruh jajaran keamanan yang bertugas. Karena mengawal keamanan dan kenyamanan para pemudik, meskipun harus tetap bekerja di hari libur. Saat KM Kelud tiba, Nurdin langsung naik ke kapal untuk mengecek segala kesiapan dan fasilitas buat penumpang. Dari ruang nakhoda, sebelum kapal berlayar, Nurdin mengucapkan semalat berlayar semoga selamat sampai ke tujuan dan keluarga tercinta.

”Jaga ketertiban dan keamanan selama dalam pelayaran. Kita semua bersaudara, maka lakukanlah silaturahmi bersama penumpang di atas kapal,” jelas Nurdin. (mbb/ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here