20 Dokter Siap Obati Masyarakat

0
720
PERIKSA KESEHATAN: Salah satu warga saat memeriksa tekanan darah pada kegiatan pelayanan kesehatan gratis yang diadakan Doctor Share di kampung Penagi. F-ISTIMEWA

NATUNA – YAYASAN Doctor Share yang akan menurunkan sebanyak 20 dokter, pada acara bakti sosial berupa pelanan medis gratis di Pelabunan Penagi. Dokter-dokter tersebut, akan singgah di Natuna mengunakan kapal Nusa Waluya sebagai Rumah Sakit Apung (RSA) y ang dipimpin dr Lie Dharmawan. Kegiatan yang digelar dari tanggal 26 Juli hingga 30 Juli, inisiatif bersama dengan Pemkab Natuna.

Pelayanan ini berupa pengobatan seperti operasi besar (mayor), dan operasi kecil (minor). Pada pelaksanaanya, masyarakat tidak dipungut biaya apapun. ”Kapalnya akan standby di Pelabuhan Roro Penagi. Di kapal itu sudah siap 20 orang dokter dengan berbagai macam spesialisasi. Dan ini murni kegiatan sosial yang tidak memungut biaya apapun,” kata Faisal, Plt Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Pemkab Bintan, Rabu (26/7).

Baca Juga :  Puskesmas Serasan Gagal Direnovasi

Ia menjelaskan, kegiatan operasi besar akan melayani berbagai jenis operasi seperti operasi usus buntu (apendestis), turun brok (hernia), wasir atau ambien (hemmorbid) dan benjolan payudara (FAM). Sedangkan, operasi kecil meliputi layanan operasi angkat benjolan kecil, operasi tai lalat, daging tumbuh, kutil, mata ikan dan lain sebagainya. ”Untuk operasi besar kami batasi 50 orang pendaftar pertama dan operasi kecil 60 pendaftar pertama. Syaratnya cuma 1 lembar fotokopi KTP atau Kartu Keluarga (KK) 1 lembar serta fotokopi Jamkesda atau SKTM,” jelasnya.

Baca Juga :  Warga Pulau Laut Inginkan Listrik Merata

Sebagai catatan, ia menyampaikan tidak semua pasien bisa dioperasi pada kegiatan itu. Sebab, dokter akan menyesuaikan kondisi pasien terlebih dahulu dengan melakukan pemeriksaan yang meliputi pemeriksaan laboratorium darah, tekanan darah dan pemeriksaan lainnya. ”Untuk pasien yang sudah mendaftar kita harapkan berkumpul pada 26 Juli pukul 11.00 WIB di Pelabuhan Penagi guna melaksanakan pemeriksaan awal,” tutupnya. Khusus untuk balai pengobatan, akan dibuka pada pukul 08:00 dan terbuka untuk umum tanpa dipungut biaya.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here