20 Pelajar Natuna Dapat Beasiswa Kuliah dari Pemkab

0
671
Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti saat menyerahkan bantuan program Bidikmisi kepada salah satu siswa penerima. f-hardiansyah/tanjungpinang pos

NATUNA – Pemerintah Kabupaten Natuna telah melaksanakan Program Biaya Pendidikan Mahasiswa Miskin Berprestasi (Bidikmisi).

Pada tahun ajaran ini pemerintah telah berhasil menyeleksi 20 orang calon mahasiswa. Program ini membuat pemerintah dan masyarakat bergembira karena dinilai cukup membantu pemerintah daerah dalam upaya mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) yang handal.

”Kami senang dengan Bidikmisi ini. Keberadaannya cukup berperan membantu pembangunan SDM di Natuna,” ujar Wakil Bupati Natuna, Ngesti Yuni Suprapti di tempat kerjanya, Minggu (3/11).

Ia mengaku, penerapan program ini di Natuna berjalan sebagaimana mestinya dan pemerintah sudah berhasil menjaring calon mahasiswa untuk menuntut ilmu pada kampus-kampus favorit yang ada di luar daerah atas biaya yang disalurkan pemerintah melalui program ini.

”Cuma sayang sekali, tindak lanjutnya di kalangan sebagian penerima tidak semuanya mulus dan bahkan ada juga yang gagal ikut kuliah karena mereka benar-benar tidak memiliki ongkos menuju kampus di mana ia diterima,” ungkap Wabup Ngesti.

Menurutnya, ongkos di Natuna merupakan masalah besar dan bersifat kronis sehingga ekonomi sekelas penerima Bidikmisi itu tidak bisa menjangkaunya.

Terkait hal ini juga, ia mengaku telah berkoordinasi dengan pihak-pihak terkait agar ongkos penerima Bidikmisi ini bisa diakomodir dalam anggaran oleh pemerintah daerah.

”Sayang sekali mereka sudah lulus tes, tinggal masuk kuliah aja. Tapi gara-gara tidak punya ongkos untuk berangkat, yang bersangkutan tidak jadi kuliah. Kasus ini benar-benar terjadi seperti kemarin itu ada seorang anak yang lulus di Fakultas Kedokteran UGM, dia gak jadi berangkat karena tidak punya ongkos. Memang ongkos ini jadi masalah besar bagi kita di Natuna,” katanya. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here