20 Persen Warga Batu 9 Belum Punya KTP

0
481
PELAYANAN: Suasana pelayanan di Kantor Kelurahan Batu 9 Tanjungpinang berada di Jalan Adi Sucipto, Batu 9 Tanjungpinang. f-Andri Dwi S/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Lurah Batu 9 Tanjungpinang, Feri Andana mengakan ada sekitar 20 persen warganya belum melakukan perekaman KTP elektronik.

Sesuai data dimilikinya, per 31 Agustus 2017, ada sekitar 26.274 jiwa atau 8.311 Kartu Keluarga (KK) yang tinggal di Kelurahan Batu 9 Tanjungpinang. Terdiri dari 13.429 jiwa laki-laki dan sekitar 12.845 jiwa kaum perempuan.

Dari jumlah tersebut sekitar 20 persennya belum memiliki KTP elektronik. Untuk itu, mengimbau agar warga melakukan perekaman terlebih dahulu. ”Kita terus mengimbau kepada warga minimal melakukan perekaman KTP elektronik,” katanya kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (26/9).

Feri menuturkan, KTP merupakan dokumen penting. Terutama terkait urusan birokrasi di pemerintahan dan lainnya. ”Kalau tak punya KTP bisa saja urusan terkendala. Jangan sampai demikian,” ungkapnya.

Hal ini juga berlaku kepada anak yang mengijak usia 17 tahun wajib mengurus KTP elektronik. Selain itu, data tersebut penting untuk menggunakan hak pilih atau suranya pada Pilkada Kota Tanjungpinang 2018 mendatang. Serta Pileg dan Pilpres pada 2019 mendatang. ”Jadi wajib memiliki KTP, agar ada undangan untuk pemilihan mendatang,” paparnya.

Terkait proses perekaman KTP elektronik, tidak sulit. Bila blanko tidak tersedia Pemda menyediakan KTP sementara yang fungsimya sama dengan KTP eletronik. ”KTP sementara berlaku enam bulan, sambil emnggu blanko tersedia serta lainnya,” paparnya.

Terkait tenis itu berada di Disdukcapil, pihaknya menghimbau agar seluruh masyarakat melakukan perekeman KTP eletronik. ”Syaratnya juga tak sulit, cukup membawa foto copi KK bila ada, bila tidak maka diurus terlebih dahulu baru membuat KTP,” tuturnya.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here