20 Rumah Liar Terbakar di Tiban

0
310
Warga melihat sisa-sisa kebakaran yang melanda rumah liar (ruli) di kawasan Tiban, kemarin. f-martua/tanjungpinang pos

BATAM – Lagi, kejadian kebakaran kembali terjadi di Batam. Kali ini, kebakaran melanda rumah liar (ruli) di Tiban 1, Sekupang, Batam, Jumat (19/10). Baru-baru ini, juga terjadi kebakaran di Kompleks Pesantren Aljabar, Bengkong Aljabar. Kebakaran kemarin menghaguskan sedikitnya 20 unit ruli. Kerugian ditaksi puluhan juta. Dalam kebakaran ini tidak ada korban jiwa.

Banyak pakaian yang habis terbakar, berikut perabotan rumah tangga warga. Diduga, api berasal dari salah satu rumah warga disana.

Menurut Kepala Dinas Kadis Pemadam Kebakaran Batam, Azman, mereka menurunkan sekitar 10 unit mobil pemadam kebakaran.

Mobil PBK diturunkan, setelah mendapat informasi kebakaran, sekitar pukul 06.00 WIB. Petugas sempat kesulitan mencari akses masuk, karena jalan yang sempit. Sebelum akhirnya diambil tindakan, untuk memarkir mobil PBK dilokasi yang memungkinkan.

”Jadinya kita parkir agak jauh sedikit dari lokasi kebakaran. Petugas menyambung beberapa selang hingga sampai ke lokasi kebakaran,” cerita Azman.

Diakui, saat mereka tiba, kebakaran sudah membesar. Tindakan petugas dilakukan dengan memblok api, sehingga menjalar lebih jauh.

”Untuk mengantisipasi agar pemukiman lain tidak kena dan kebakaran meluas,” beber dia. Pemadaman terhadap api yang diduga dari kompor gas salah seorang warga itu, berlangsung sekitar satu jam.

Ditempat kejadian, warga terlihat mencoba mencari barang-barang yang masih bisa digunakan. Ada yang mencari baju, buku, sepatu dan lainnya. Namun, ada juga yang barangnya semua habis terbakar, seperti dialami Firdaus. ”Habis semua. Berkas penting habis semua,” sesalnya.

Untuk sementara, sebagian warga korban kebakaran berkumpul di musala yang tidak jauh dari lokasi tersebut. Salah seorang warga, Lina yang merupakan tetangga korban kebakaran, mengaku melihat asap dari belakang rumah, seorang warga, pengepul barang bekas. ”Setelah itu kami teriak dan warga mulai membantu menyiram. Tapi tidak terbantu,” cerita dia.

Sementara itu, Kapolsek Sekupang, Kompol Oji Fahroji mengatakan, dugaan sementara, kebakaran berasal dari rumah warga, bernama Murni Learida. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here