20 September Syahrul Dilantik Jadi Wako

0
99
H Syahrul bersama tokoh masyarakat makan bersama. f-istimewa

DOMPAK – Pemerintah Kota Tanjungpinang bersama Pemprov Kepri, mulai mempersiapkan acara pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang terpilih H Syahrul-Rahma.

Kalau tidak ada aral melintang, pelantikan H Syahrul-Rahma (Sabar) akan dilaksanakan di Gedung Daerah Tanjungpinang, tanggal 20 September. Dilantik oleh Gubernur Kepri H Nurdin Basirun atas nama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

Saat pelantikan nanti, rencana hanya dihadiri seluruh kepala daerah di Provinsi Kepri. Usai rapat bersama dengan Sekdaprov Kepri di kantor Gubernur Kepri, Rabu (12/9) Sekda Tanjungpianng, Riono menjelaskan, tidak ada acara khusus dalam pelantikan nanti. Kecuali, syukuran setelah acara pelantikan di lakukan oleh Gubernur di Gedung Daerah.

”Tak pakai pesta rakyat, hanya saja setelah dilantik walikota dan wakil walikota terpilih langsung menggelar syukuran di rumah dinas baru di Senggarang,” ujar Riono kepada wartawan di kantor Gubernur Kepri, Pulau Dompak, Rabu (12/9).

Menurut Riono, rapat yang langsung dipimpin Sekdaprov H TS Arif Fadillah ini, pada intinya lebih fokus terhadap pembagian tugas antara Pemprov dan Pemko Tanjungpinang, terkait pelantikan Wali Kota Tanjungpinang yang baru.

”Pemko Tanjungpinang dapat bagian tugas yang kecil-kecil. Pemko menyiapkan tenda-tenda kecil untuk masyarakat yang hadir dan menyaksikan pelantikan, di depan gedung daerah,” tambah Riono.

Menurutnya, ia belum menerima laporan, rencana adanya syukuran selain di rumah dinas Wako di Senggarang. ”Yang jelas kami pun sudah menyiapkan segala persiapan di rumah dinas baru. Jadi secara resmi mereka bermukim disana,” tambah Riono.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Provinsi Kepri, TS Arif Fadillah selaku pimpinan rapat mengatakan terkait tanggal pelantikan masih menunggu keputusan dari Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri).

”Semua berkas terkait pelantikan sudah selesai, tinggal menunggu nomor surat dan pengesahan dari Kemendagri. Jika kita dapatkan surat tersebut tanggal 20, maka pada satu hari setelah itu akan kita lakukan pelantikan. Semoga saja lekas terbit dan kita dapat lakukan berbagai persiapan untuk pelantikan di Gedung Daerah,” ujarnya.

Arif Fadillah juga menyampaikan nanti akan dilakukan pembagian tugas antara Pemprov dan Pemko terkait undangan dan hal-hal teknis lainnya.

”Undangan pihak Pemprov yang menyediakan namun pendistribusian undangan kami serahkan ke Pemko. Namun sebelum itu, daftar undangan dari Pemko agar dapat dipersiapkan dulu. Teknis lainnya akan kita koordinasikan kembali,” ungkapnya.

Sementara itu, Syahrul mengingatkan warga di Perumahan Taman Harapan Indah (THI) untuk taat kepada pemimpin daerah. Hal itu dikatakan Syahrul saat peringatan Tahun Baru Islam di Masjid As Sakinah, Tanjungpinang, Selasa (11/9) malam.

Menurut Syahrul, taat kepada pemimpin itu satu perintah setelah taat kepada Allah, kemudian Nabi Muhammad dan pemimpin di antara manusia. ”Karena itu perintah Allah, maka kita harus menaati pemimpin pemimpin muslim di antara kita,” ujar Syahrul.

Dia mengingatkan agar di Tahun Baru Islam ini, masyarakat Tanjungpinang melakukan perubahan ke arah yang lebih baik dari tahun sebelumnya. Terutama meningkatkan ketakwaan kepada Allah SWT. Karena jika masih sama saja dengan tahun sebelumnya, maka itu termasuk manusia yang rugi.

”Tahun ini harus lebih baik dari tahun sebelumnya terutama dalam ibadah kepada Allah,” ujar Syahrul.

Pada kesempatan itu juga Syahrul bersama dengan jamaah masjid menikmati makan malam bersama dengan dengan beralaskan daun pisang sehingga pemimpin Tanjungpinang itu terlihat akrab dengan warga di sana. (ais/bas/pat) 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here