20 Turis Asing Tiba Perdana di Pinang

0
358
H Syahrul menyambut turis perdana yang datang ke Tanjungpinang tahun 2019.f-ist/humas pemko Tanjungpinang

Tanjungpinang – Memasuki 2019, kunjungan wisatawan dari luar negeri ke Kota Tanjungpinang terus berdatangan.

Kedatangan turis pertama pada 2019 ini mendapat sambutan meriah di Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, Rabu (1/1) pagi.

Walikota Tanjungpinang, H Syahrul didampingi beberapa pejabat dan Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (FKPD) menyambut kedatangan turis dari Singapura yang tiba di Kota Tanjungpinang pukul 09.30 WIB. Kapal Ferry Sindo merupakan kapal pertama tiba dari Singapura. Kapal ini membawa 20 penumpang.

Turis yang pertama keluar dari kapal tersebut langsung disambut dan dipasangkan tanjak di kepala oleh Walikota. Turis kedua mendapatkan pengalungan kain dan menerima cenderamata.

Mereka juga diajak masuk ke ruang VIP pelabuhan dan berdiskusi dengan para pejabat. Sedangkan turis yang meninggalkan Kota Tanjungpinang Senin (31/12), dari Pelabuhan Sribintan Pura Tanjungpinang, tujuan Malaysia mengunakan kapal Ferry MV Marina, sebanyak 101, pada pukul 17.30 WIB.

Baca Juga :  Tinju Kepri Loloskan 7 Petinju ke PON Papua

Syahrul mengatakan, penyambutan wisman salah satu agenda rutin Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Kota Tanjungpinang yang dilakukan setiap awal tahun.

”Mudah-mudahan kunjungan wisman ke Tanjungpinang mencapai target untuk tahun ini,” harap Syahrul.

Kata Syahrul, ia juga berharap bidang ekonomi dan bidang lainnya juga harus tercapai dan pelayanan bisa lebih baik lagi di 2019 ini.

”Pemerintah daerah bersama pihak swasta akan terus membenahi objek wisata yang ada di Tanjungpinang, supaya turis mancanegera mau berkunjung ke Tanjungpinang,” kata Syahrul.

Syahrul juga meminta kepada dinas terkait dan para pengusaha pariwisata, agar meningkatkan event-event agar kunjungan pariwisata meningkat. Misalnya, menggelar festival Pulau Penyengat, pesertanya kita harapkan dari luar negeri ada. Begitu juga dengan event tahun Dragon Boat Race Internasional di Sungai Carang, pesertanya harus meningkat dari luar negeri, dibandingkan tahun lalu.

Baca Juga :  Cabut Izin Warnet yang Dijadikan Tempat Mesum!

”Kita juga harus menjaga kampung kita tetap kondusif supaya turis mau berkunjung ke daerah kita,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Disparbuda Kota Tanjungpinang, Raja Kholidin mengklaim, kunjungan wisman ke Tanjungpinang mengalami peningkatan sejak 2016 sampai dengan 2017 lalu.

”Mudah-mudahan, kunjungan wisman kita ke Tanjungpinang mencapai target 2018 sebanyak 150 ribu. Karena sampai bulan Oktober 2018, kunjungan wisman ke Tanjungpinang sudah mencapai 113 orang,” kata Raja Kholidin setelah mendapingi Wako Tanjungpinang, H Syahrul.

Tahun 2016 lalu, Dinas Pariwisata (Dispar) Provinsi Kepri memberikan target kunjungan wisatawan kepada Disparbud Kota Tanjungpinang sebesar 98 ribu orang. Ternyata, kunjungan wisatawan ke Tanjungpinang telah mencapai target, yakni sebesar 98.084 orang.

Baca Juga :  BPN Serahkan 432 Sertifikat Prona

Melebihi target pencapaian kunjungan wisman ke Tanjungpinang terjadi pada 2017 lalu.

Karena target yang diterima pada 2017 hanya 102.000 orang. Tapi, realita kunjungan wisman ke Tanjungpinang bisa mencapai 117.000 orang.

”Kita harus optimis, tahun 2018 mencapai target 150.000 orang,” ucap dia.

Selama ini, turis atau wisman Malaysia dan Singapura yang paling sring menginjakkan kakinya ke Kota Gurindam.

Tidak menutup kemungkinan, ada juga turis dari negara lainnya, yakni Belanda, Cina, Thailand, Australia dan Eropa. (dri/bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here