200 UMKM Promosikan Usaha di KSM

0
230
PRODUK UMKM: Pegawai Pemko menunjukkan sejumlah produk UMKM Batam di salah satu acara, belum lama ini. f-istimewa/humas pemko batam

BATAM – Sekitar 200 pelaku Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) akan meramaikan Kenduri Seni Melayu (KSM) yang disejalankan dengan kegiatan Hari Ulang Tahun Kota Batam.

Ini merupakan salah satu agenda pariwisata di Batam untuk mendongkrak kunjungan wisman. Apalagi, peserta KSM ini ada dari beberapa negara di ASEAN dan dalam negeri. Selain itu, ada 200-an UMKM di Kota Batam yang ikut mempromosikan usahanya di KSM. Sekitar 200-an UMKM ini akan memamerkan produk unggulan masing-masing dalam ekspo wirausaha.

Kepala Dinas Parawisata dan Kebudayaan (Disparbud) Batam, Pebrialin, mengatakan, 200 UMKM akan menampilkan makanan, suvenir dan lainnya. Ekspo wirausaha itu dikoordinir Komunitas Tangan di Atas (TDA). Penyelenggaraan pameran UMKM juga digelar bekerjasama dengan PKK Batam. ”Nanti ada bazar keanakaragaman makanan khas Melayu yang ditampilkan bekerjasama dengan PKK Batam,” katanya.

Sementara untuk KSM, diakui ada tambahan peserta dari daerah lain. Selain daerah dari Kepri, ada dari Jambi, Riau dan DKI Jakarta. ”Nanti saat pembukaan, akan dilakukan launching rangkaian hari jadi Batam. Kan, KSM juga menjadi rangkaian perayaan HUT Batam,” imbuhnya, Jumat (10/11).

Dalam memeriahkan event tahunan itu, Dinas Pariwisata menggandeng travel agen. Harapannya, agen travel tidak hanya membawa wisatawan ke objek wisata di Batam, tapi juga lokasi KSM di Engku Putri. ”Kami lagi gandeng travel agen dengan harapan, bisa mengarahkan tamunya untuk menyaksikan KSM kita,” harapnya.

Sebelumnya, Pebrialin mengatakan, Kenduri Seni Melayu (KSM) 2017 digelar, Jumat 17-19 November 2017. Kegiatan yang akan dipusatkan di Engku Putri itu akan menghadirkan perwakilan dari negara-negara ASEAN. Seperti Vietnam, Brunei, Malaysia, Thailand dan Singapura. Setiap negara akan menampilkan seni budayanya masing-masing.

Kegiatan itu dimaksud selain melestarikan budaya Melayu, juga untuk meningkatkan kunjungan wisatawan masuk Batam, terutama dari mancanegara. Peserta yang hadir diharapkan, membawa serta rombongan, sekitar 100-an orang. Selain rombongan peserta KSM, juga ada wisman dari berbagai negara, utamanya yang sedang singgah di Singapura dan Malaysia, menyeberang untuk menonton KSM

”Informasi yang kami terima, wisman dari Singapura sudah minta carikan hotel untuk kawan-kawannya yang ikut,” katanya. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here