2017, Kuota Haji Kepri 1.295

0
588
Calon haji: Jemaah Haji Kepri saat cek paspor di Asrama haji Batam tahun 2016 lalu. F-Humas Kemenag Kepri

BATAM – Provinsi Kepri, tahun ini mendapat Alokasi Calon Jamaah Haji (CJH), sebanyak 1.295 orang. Jumlah itu meningkat 303 orang dari sebelumnya, 992 orang.

Sementara, petugas yang diberikan kuota, ada sembilan orang. Peningkatan jumlah CJH itu seiring dengan peningkatan kuota yang diterima Kepri.

Kasi Pengelolaan Keuangan Haji Kanwil Kemenag Kepri, Muhammad Widarto mengungkapkan, kuota haji untuk Kepri, sudah ditetapkan Kementerian Agama.

”Sudah ditetapkan lewat Peraturan Menteri Agama (PMA) No.75 tahun 2017. Jadi tidak akan berubah lagi. Ada tambaha kuota dari pemerintah Arab Saudi dan kuota haji juga sudah normal,” katanya di Batam Rabu (8/3).

Dengan demikian, tahun ini Kepri akan memberangkatkan 1.295 CJH, untuk ibadah haji. Penambahan calon haji tahun ini relatif besar. Terlebih, tahun lalu, kuota haji Kepri dikurangi hingga hanya 788 jamaah.

”Siapa saja yang berhak berangkat, kita masih menunggu nama-nama dan nomor kursinya dari pusat,” sambungnya.

Menunggu daftar nama itu, Kemenag Kepri diakui sedang mempersiapkan penambahan petugas yang akan mengurus jamaah haji. Termaksud menyiapkan perhitungan biaya.

”Kita harus menghitung ulang anggaran oprasional haji. Karena kuota bertambah, otomatis anggaran akan bertambah,” beber Widarto.

Menurutnya, daftar tunggu haji untuk Kepri, sudah ada hingga15 tahun ke depan atau hingga tahun 2032. Sementara, penambahan kuota haji tahun ini diakui, tidak mempengaruhi daftar tunggu haji. Alasannya, penambahan kuota tidak signifikan. Sementara warga yang mendaftar untuk naik haji, terus bertambah.

”Antrean memang akan berkurang, tapi tidak signifikan. Tapi pendaftaran juga akan terus bertambah, jadi tak terlalu signifikan turun,” imbuhnya mengakhiri. (mbb)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here