2017, Pencurian dan Pencabulan Mendominasi

0
338
PAPARAN: Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi saat memaparkan penanganan kasus selama tahun 2017. F-ISTIMEWA

LINGGA – Kasus pidana kriminal pencurian dan pencabulan mendominasi selama tahun 2017 lalu, yang telah ditangani Polres Lingga. Untuk itu, Kapolres Lingga AKBP Ucok Lasdin Silalahi meminta seluruh masyarakat Lingga meningkatkan kewaspadaan terhadap lingkungan masing-masing.

Tindak kriminal pencurian dan pencabulan adalah salah satu penyakit masyarakat yang disebabkan karena faktor lingkungan dan keluarga. Dirinya berharap, agar ke depan perhatian keluarga dan kesadaran masyarakat akan kegiatan-kegiatan positif perlu ditingkatkan.

”Upaya polres Lingga dalam menekan tindak kriminal di Kabupaten Lingga adalah dengan melakukan pendekatan-pendekatan kepada masyarakat dengan melalui kelompok-kelompok kerja, komunitas-komunitas serta organisasi-organisasi keagamaan maupun kepemudaan dengan memperkuat peran Babin Kamtibnas di desa-desa,” kata Icok Lasdin Silalahi saat Pers Rilis Akhir Tahun 2017, Senin (1/1) malam.

Ucok juga menjelaskan, saat ini satu sampai tiga anggota Polres Lingga ditempatkan di setiap desa sebagai Babinkamtibnas. Untuk tindak kriminal yang diselesaikan oleh Polres Lingga di tahun 2017 ini, meningkat dari tahun sebelumnya yaitu mencapai 89,10 persen.

Dari seratus satu perkara yang ditangani, sebanyak 90 perkara telah diselesaikan. Di tahun 2017 yang lalu, Polres Lingga hanya berhasil menyelesaikan 76,85 persen perkara dari 108 jumlah tindak pidana dengan 83 penyelesaian tindak pidana.

”Kita menjadi yang terbaik dalam penyelesaian kasus tahun 2017, khususnya dalam penyelesaian tindak pidana khusus,” jelas Ucok.

Sementara itu, untuk tindak kriminal lain kasus narkoba di Kabupaten Lingga pengalami penurunan dalam penanganan kasus dibanding tahun 2016 lalu.

Pada tahun 2017, Polres Lingga juga berhasil mengembalikan kerugian negara senilai Rp 500 juta. Di bidang Keselamatan Lalu Lintas, di tahun 2017 jumlah kecelakaan lalu lintas menurun dibandingkan tahun 2016 dengan trend 52,72 persen. (tir)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here