2018, 13 Ribu Sertifikat Tanah Dibagikan

0
1182
MENERANGKAN: Kepala Kantor BPN Karimun Susilawati saat menerangkan program Prona.f-alrion/tanjungpinang pos

KARIMUN – TAHUN depan pihak Badan Pertanahan Nasional (BPN) akan memberikan 13 ribu sertifikat tanah gratis melalui Program Nasional Agraria (PRONA).

”Pada tahun ini, pelaksanaan PRONA berjalan sesuai dengan instruksi pimpinan dengan target 7.000 sertifikat kepemilikan tanah milik warga dapat tercapai. Alhamdulilah. Tahun depan kembali Karimun mendapat alokasi 13 ribu sertifikat, dan yang diutamakan untuk di Pulau Kundur, Moro, Durai,” kata Susilawati, Kepala Kantor Pertanahan Karimun, kemarin.

Untuk itu, ia meminta pemilik lahan dapat melengkapi seluruh berkas pendukung dari Kantor Desa, Kelurahan, Kecamatan. Sehingga, dapat ditingkatkan menjadi sertifikat hak kepemilikan tanah.

Baca Juga :  Toko Emas Dibobol Pakai Tabung Oksigen

Jika berkas tidak lengkap, sulit bagi petugas melaksanakan tahapan pekerjaan mulai dari pengukuran sampai tahap penerbitan sertifikat. Tentunya, kata Susilawati, bahwa tanah atau lahan yang hendak di sertifikatkan adalah lahan miliknya sendiri bukan milik bersama atau keluarga.

Terpenting, lahan tersebut bebas dari sengketa atau bermasalah dengan hukum. Ia menyerankan, jika tanah pembagian keluarga sebaiknya segera dipecah. Sehingga, dapat diterbitkan sertifikat atas nama pribadi.

Ia tidak menampik persoalan lahan atau tanah di Kabupaten Karimun, ada. Termasuk lahan yang tidak dimanfaatkan selama bertahun bahkan belasan tahun, ia mengimbau masyarakat dapat memanfaatkan lahan miliknya sendiri.

Baca Juga :  Pasokan Minim, Kentang Langka

”Untuk mensukseskan PRONA. Ia berharap kerja sama RT, RW mensosialisasikannya. Mereka yang belum memahami persyaratan, dapat ke Kantor BPN Karimun pada hari dan jam kerja setiap hari,” tutup Susilawati.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here