2018, Alokasi Dana Desa Dikurangi

0
836
RAPAT : Sekda Natuna Wan Siswandi memimpin rapat dengan aparatur desa, kemarin. F-Hardiansyah/tanjungpinang pos

Tahun 2018 nanti, Alokasi Dana Desa (ADD) dari APBD akan dikurangi.

Penyebabnya, serapan APBDes dinilai masih rendah dan pertanggungjawabannya tak maksimal.

NATUNA – Kurangnya Sumber Daya Manusia (SDM) di setiap desa di Kabupaten Natuna menjadi penyebab terlantarnya pengelolaan APBDes tahun 2017. Hal inilah membuat anggaran desa yang akan dialokasikan tahun 2018 nanti dipastikan menurun. Melalui acara pembinaan Pemerintah Desa tahun 2017 ini diminta kepada para kades untuk bisa segera menyelesaikan segala kekurangan laporan dan program-program yang tertunda.

”Kita mendapatkan laporan ada sekitar 20 persen kepala desa yang tidak bertanggungjawab dalam menjalankan beberapa program yang sudah masuk dalam ADD. Dengan adanya laporan itu membuat ADD pada tahun 2018 nanti diperkirakan menurun,” kata Sekda Natuna Wan Siswandi saat membuka acara pembinaan Pemerintah Desa di aula ruang Rapat Kantor Bupati, Jumat (10/11).

Baca Juga :  Belasan Pramusaji Terjaring Razia Pekat

Siswandi menjelaskan, apabila masih ada kepala desa yang tidak menyelesaikan program-program desa dan tidak menyelesaikan pertanggungjawabannya, diperkirakan alokasi tersebut akan terus menurun.

”Penurunan ADD disebabkan kurangnya SDM yang handal. Makanya kita meminta kepada kepala desa agar berhati-hati untuk menggunakan dana desa. Makanya kita meminta kepada pada desa bisa lebih maksimal dalam mengelolanya,” jelasnya.

Wan Sis juga meminta kepada para camat untuk bisa bekerjasama dalam memantau perkembangan pengelolaan anggaran yang ada di setiap desa. Karena selama ini dalam proses penyaluran dana desa untuk Natuna terbilang sangat cepat dicairkan pusat.

Baca Juga :  Musim Panen Jagung Segera Tiba

”Kita berharap juga kepada para camat untuk selalu memonitor ke setiap desa-desanya agar segera mempercepat pembangunan sebelum tutup buku bulan Desember 2017 ini. Kita juga meminta kepada yang belum menyelesaikan laporan dan program tolong diselesaikan. Dan bagi yang sudah selesai Alhamdulillah,” tutup Wan Siswandi.

Hal yang sama disampaikan Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Natuna, Indra Joni. Ia meminta dengan waktu yang terhitung tinggal sebentar lagi. Supaya pemerintah desa mempersiapkan tentang penyusunan perencanaan Dana Desa untuk tahun 2018.(HARDIANSYAH)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here